IBL

Sebanyak 47 peserta dari 13 kota di Indonesia bergabung mengikuti DBL Academy Dribbling Camp di Surabaya, 27 hingga 29 April 2018. Kamp ini bertujuan agar pesertanya bisa belajar melantun bola dengan baik. Selain dibimbing oleh pelatih-pelatih dari DBL Academy, para peserta juga didampingi oleh dua pemain basket profesional yaitu Oki Wira Sanjaya (Stapac Jakarta) dan Arif Hidayat (CLS Knights Indonesia).

Selama tiga hari penyelenggaraan, peserta akan mendapatkan materi latihan yang meliputi Basketball Session, Aquatic Training, dan Pendidikan Karakter. Khusus untuk materi lantun bola, berfokus pada basic handles dan upper body work-uot, dribble to passing, dribble to finish, pick n roll, dan drive. Porsi latihan yang diberikan dibedakan berdasar umur dari peserta.

"Menurut saya, banyak pemain dewasa atau bahkan pemain muda sekalipun, masih belum memiliki cara dribble yang benar. Jangankan dalam tahap pengembangan dan penerapan dalam pertandingan, cara penempatan bola, posisi jari dan tangan masih salah," ungkap Kepala Pelatih DBL Academy, Erwin Triono. "Saya rasa dengan rentan usia peserta yang saat ini mengikuti Dribbling Camp, sudah pas. Rata-rata tujuh hingga 12 tahun adalah masa yang tepat untuk mereka bisa belajar dribble dengan benar."

Para peserta tampak antusias mengikuti setiap sesi latihan. Mereka tak hanya datang dari kota-kota di Jawa Timur saja. Ada peserta yang jauh-jauh datang dari Medan dan Bajawa. Mereka ingin belajar salah satu dasar basket yang harus dikuasai setiap pemain, yaitu melantun bola.

Sementara itu, para pembimbing juga sangat antusias membagi ilmu dan pengalamannya kepada para peserta. Arif Hidayat dan Oki Wira juga akan memberikan motivasi pada peserta agar semakin tekun berlatih.

"Para peserta harus menyerap secara maksimal ilmu yang didapat di acara ini. Mereka harus serius, tapi kami berusaha untuk membuat suasana tetap gembira," kata Oki.

"Ini adalah waktu pengisi akhir pekan yang berfaedah. Seharusnya seperti inilah anak-anak basket. Mereka harus mencari kamp-kamp seperti ini agar meningkatkan kemampuannya," timpal Arif.(*)

Foto: Alexander Anggriawan dan Awan Yosi R.

Komentar