IBL

Portland Trail Blazers tidak hanya mengalami kekalahan pertamanya saat melawan Miami Heat 98-119 pada Rabu (26/10) lalu. Mereka juga harus kehilangan Damian Lillard. Ia ditarik keluar di kuarter ketiga.

Dalam keterangan resminya pada Kamis (27/10) waktu setempat, Blazers mengkonfirmasi Lillard akan absen selama 1-2 pekan. Dari hasil pemeriksaan MRI menunjukkan bahwa Lillard mengalami cedera tingkat pertama pada betis kanannya.

Usai pertandingan melawan Heat itu, Lillard mengatakan bahwa betisnya terasa sedikit kencang sebelum tepis mula. Hal itu terus ia rasakan sepanjang paruh pertama pertandingan. Puncaknya terjadi di lima menit terakhir paruh ketiga.

“Ini bukan hal yang selalu saya khawatirkan. Saya hanya tahu bahwa tidak masuk akal untuk mencoba dan memaksa bermain di gim kelima musim ini,” kata pemain berusia 32 tahun itu.

Jika ia absen hingga dua pekan, Lillard akan melewatkan tujuh gim Blazers. Besok mereka akan melawan Houston Rockets di Moda Center, Oregon. Kemudian menghadapi Memphis Grizzlies (2/11), dan dua kali melawan Phoenix Suns.

Lillard bersikeras bahwa cederanya itu tidak serius. Ia juga optimis bisa kembali lagi dalam waktu satu pekan. “Sekarang saya harus berpikir lebih cerdas dan memastikan saya mendapatkan sesi perawatan setiap hari, dan mencoba untuk memulihkannya,” imbuhnya.

“Jadi, mungkin (saya) tidak akan memainkan pertandingan itu pada hari Jumat (Sabtu WIB). Itu akan memberi saya enam hari dari kemungkinan beberapa hari setelahnya dan mencoba siap untuk kembali lagi. Ya, kita akan lihat,” kata Lillard.

Lillard absen cukup lama pada musim lalu. Pada Januari 2022 ia sempat menjalani operasi untuk cedera perut dan absen selama 6-8 minggu. Kemudian pada Maret ia dinyatakan absen hingga akhir musim.

Sebelum ditarik keluar di kuarter ketiga saat melawan Heat itu, Lillard sudah mencetak 22 poin dengan empat kali tripoin. Saat ini lulusan Weber State University itu memiliki rata-rata 31 poin, 4,8 rebound, dan 4,6 asis per gim. (rag)

Foto: NBA

Komentar