IBL

Musim ini begitu sempurna untuk Las Vegas Aces. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, mereka berhasil menjadi juara WNBA. Dengan hasil itu, Aces berhasil mengawinkan dua gelar utama yaitu Commissioner’s Cup 2022 dan WNBA 2022.

Ini menjadi final ketiga dalam sejarah tim tersebut. Sayangnya dua final sebelumnya, mereka disapu bersih di babak puncak. Saat masih bernama San Antonio Silvers Stars, mereka kalah 3-0 dari Detriot Shock pada final WNBA 2008. Lalu takluk 3-0 oleh Seattle Storm pada final WNBA 2020.

Kini Aces membayar lunas kegagalan tersebut. Mereka mengalahkan Connecticut Sun 3-1. Pada gim keempat yang berlangsung pada Minggu (18/9) itu, Aces menumbangkan Sun 78-71. Dengan hasil ini Aces hanya menelan dua kekalahan selama 10 gim di playoff.

Pelatih Becky Hammon menjadi pelatih pertama di liga yang memenangkan gelar pada musim pertamanya. “Mereka luar biasa di lapangan. Tetapi mereka adalah manusia yang luar biasa. Mereka peduli satu sama lain. Ini sangat menyenangkan. Mereka pemain hebat dan menyukai momen-momen besar,” ujar pelatih Hammon dikutip melalui ESPN.

Pada gim tersebut Aces memang mendominasi. Tetapi sebenarnya Sun tidak membuat Aces nyaman. Pada tiga menit terakhir Sun bisa menyamakan kedudukan dan unggul 67-69 melalui Courtney Williams. Kemudian Brionna Jones menambah dua angka untuk keunggulan Sun.

Momentum Aces terjadi setelah tripoin Riquna Williams melalui asis dari Kelsey Plum. Mereka melaju delapan poin beruntun sepanjang sisa waktu tersebut. Memastikan Aces berpesta di kandang Sun.

Chelsea Gray menjadi top skor sekaligus MVP WNBA Final 2022. Ia mencetak 20 poin, 6 asis, 5 rebound, dan 3 steal. Gray mencetak 9 dari 13 tembakan dan meleset satu dari tiga tripoin.

“Kami tidak menyukai perasaan yang kami miliki tahun lalu. Ini adalah komitmen untuk menjaga tim ini agar tetap bersama. Ini adalah komitmen untuk menjadi yang terbaik dan meninggalkan sebuah warisan,” ujar Gray.

Dari bangku cadangan Riquna Williams menyumbang 17 poin. Kelsey Plum dengan 15 poin dan tiga steal. Jackie Young memberikan 13 poin dan delapan asis. Disusul A’ja Wilson dobel-dobel 11 poin dan 14 rebound.

Sementara Courtney Williams 17 poin dan 6 rebound untuk Sun. Jonquel Jones 13 poin dan 8 rebound.  DeWanna Bonner 12 poin dan 8 rebound. Alyssa Thomas tripel dobel 11 poin, 11 asis, dan 10 rebound. Ditambah Brionna Jones 11 poin. (rag)

Foto: WNBA

Komentar