IBL

Selama dua kali tampil di final WNBA pada 2008 dan 2020 lalu, Las Vegas Aces belum pernah meraih kemenangan. Lalu rekor itu terpecahkan saat final WNBA 2022. Aces mengamankan gim pertama final WNBA 2022 melawan Connecticut Sun.

Pada gim yang berlangsung di Michelob Ultra Arena (11/9) itu, Aces mengalahkan Sun 67-64. Kemenangan ini menjadi catatan penting bagi Aces. Pada final WNBA 2008 silam, saat itu masih bernama San Antonio Silvers Stars, mereka takluk 0-3 dari Detroit Shock. Lalu kalah 0-3 dari Seattle Storm pada final WNBA 2020.

Aces sempat memimpin 10 poin pada 15 menit pertama. Tembakan Jonquel Jones menjadi titik balik Sun di  akhir kuarter kedua dan membawa keunggulan 30-29 untuk Sun. Pada kuarter kedua itu Aces hanya mencetak sembilan poin.

Aces membangun kembali keunggulan di akhir kuarter ketiga melalui eksekusi tembakan gratis A’ja Wilson. Pengejaran Sun pada dua menit terakhir gagal menghentikan laju Aces yang total mencetak 32 poin sepanjang paruh kedua.

“Saya bahkan tidak berteriak dalam kehidupan nyata saya. Tetapi ketika Anda merasa sangat kuat tentang bagaimana harus bermain dengan cara tertentu dan tidak mengeksekusinya itu membuat frustasi. Tetapi pada akhirnya, mereka tahu itu. Mereka pintar dan mengerti,” kata pelatih Las Vegas Aces Becky Hammon dilansir melalui ESPN.

A'ja Wilson mencetak dobel-dobel 24 poin dan 11 rebound. MVP dan DPOY WNBA 2022 itu juga menambah dengan empat blok dan menyumbang 12 dari total 16 tembakan gratis yang dicetak Aces. Chelsea Gray menyusul dengan 21 poin dan Jackie Young 11 poin.

Alyssa Thomas memimpin Sun dengan 19 poin, 11 rebound, dan 5 asis. Jonquel Jones 15 poin dan sembilan rebound. Disusul Brionna Jones 12 poin dan Natisha Hiedeman 10 poin. Gim kedua akan berlangsung pada Rabu (14/9) WIB mendatang.

Aces memang bermain lebih efektif dengan 23 dari 58 tembakan dan akurasi 39,7 persen. Sementara Sun mencetak 28 dari 74 tembakan dengan akurasi 37,5 persen.

“Setelah gim ini kami harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Ini adalah permainan tripoin dan kami memiliki peluang untuk seri. Ada beberapa hal yang bisa kami perbaiki. Tentu saja kami bisa membuat lebih banyak tembakan. Tapi secara keseluruhan ini permainan yang sulit,” kata Thomas. (rag)

Foto: WNBA

Komentar