IBL

Brandon Jawato kembali ke B League, liga utama bola basket Jepang. Dalam pengumuman resmi pada Kamis (1/9) melalui media sosial resmi klub, Jawato diperkenalkan sebagai pemain Seahorses Mikawa. Jawato dikontrak selama semusim pada 2022-2023.

“Terima kasih untuk selalu mendukung Seahorses Mikawa. Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa Brandon Jawato telah menandatangani kontrak pemain untuk musim 2022-2023. Kontrak formal akan dibuat setelah pemeriksaan medis,” tulis Mikawa dalam keterangan resminya.

Mikawa sendiri merupakan klub yang berbasis di kota Kariya, Prefektur Aichi. Mikawa bermarkas di Wing Arena, Kariya. Mereka didirikan pada 1947 dengan nama Aisin Seiki.

Pada B League 2021-2022 lalu, Mikawa gagal lolos ke babak perempatfinal. Mereka menempati posisi keempat distrik Barat. Mikawa kalah bersaing dengan Utsunomiya Brex dan Akita Northern Happinets dalam perebutan tiket wildcard.

Ini memang bukan pertama kalinya Jawato berlaga di B League. Pada musim lalu Jawato bergabung Utsunomiya Brex pada musim 2021-2022. Dia tampil dalam 11 gim dengan rata-rata waktu bermain 4,8 menit. Selama membela Brex, Jawato mencetak delapan poin, tiga rebound, lima asis, dan dua steal.

Pada musim 2021-2022 lalu Brex sukses meraih gelar juara. Ini menjadi gelar kedua Brex di pentas B League. Sayangnya, Brandon sudah tidak di Utsunomiya lagi pada saat itu. Jawato dan Brex sepakat untuk tidak melanjutkan kontrak.

Kemudian Jawato membela tim nasional (Indonesia) yang berlaga di SEA Games 2021. Ia berhasil mengantar tim Merah Putih mencetak sejarah dengan meraih emas bola basket pertama bagi Indonesia.

Setelah itu Jawato turun di skuad Indonesia di FIBA Asia Cup 2022. Saat berlaga di FIBA Asia Cup 2022 itu, Jawato rata-rata turun 25,7 menit dalam enam gim. Dia rata-rata mencetak 14,7 poin, enam rebound, dan 2,3 asis.

MIkawa akan menjadi tim professional keempat yang dibela Jawato. Alumni Hawaii University itu mengawali karier di Pelita Jaya Bakrie Jakarta pada IBL 2016. Saat itu ia mengantar Pelita Jaya menembus semifinal.

Kemudian Jawato berlabuh di CLS Knights Surabaya dan berlaga di ABL 2018-2019. Mereka merengkuh gelar juara. Jawato lalu tampil bersama timnas di IBL 2019-2020 dengan status sebagai pemain Indonesia Patriots. (rag)

Foto: FIBA

Komentar