IBL

LeBron James dan Los Angeles Lakers akhirnya sepakat dengan perpanjangan kontrak baru. Kesepakatan ini diumumkan oleh The Athletic. Seperti yang diduga pula, kedua belah pihaknya sepakat dengan nilai maksimal, dua tahun AS$97,1 juta. 

Kontrak ini membuat LeBron maksimal akan bertahan dengan Lakers sampai musim 2024—2025 karena musim ini ia masih ada dalam kesepakatan kontrak sebelumnya. Pun demikian, dalam perpanjangan kontrak terbarunya, LeBron punya opsi pemain yang bisa membuatnya jadi unrestricted free agent di jeda musim 2024—2025. 

Musim ini, LeBron akan mendapatkan bayaran AS$44,4 juta. Kesepakatan barunya akan membuat pemain berusia 37 tahun ini mendapatkan bayaran AS$46,6 juta di musim 2023—2024 dan AS$50,4 di musim 2024—2025 jika ia melepas opsi pemainnya.

Kesepakatan baru ini otomatis membuat LeBron jadi pemain dengan total nilai kontrak terbesar sepanjang sejarah NBA. Sejak masuk ke NBA pada 2003, LeBron telah mengumpulkan AS$532 juta. Jumlah ini melewati nominal Kevin Durant yang sebelumnya jadi pemain dengan nilai kontrak termahal usai menyepakati perpanjangan kontrak dengan Brooklyn Nets musim lalu.

LeBron sendiri hanya berhak mendapatkan perpanjangan kontrak dua tahun karena usianya. Dalam aturan NBA (Collective Bargaining Agreement), pemain yang akan berusia lebih dari 38 tahun di musim tersebut hanya boleh mendapatkan perpanjangan kontrak dua musim.  

Di lain sisi, LeBron juga memiliki kesepakatan trade kicker dengan persentase maksimal (15 persen) di kontrak barunya ini. Trade kicker adalah kesepakatan yang membuat pemain bersangkutan akan mendapatkan bayaran lebih jika tim yang ia bela menukarnya ke tim lain. Sebagai contoh, jika LeBron ditukar di musim ini atau musim depan, maka gajinya akan bertambah 15 persen dari sisa nilai kontraknya.

Musim lalu, Lakers gagal lolos ke playoff. Pun begitu, LeBron tetap tampil fenomenal dengan rataan 30,3 poin, 8,2 rebound, dan 6,2 asis per gim dari 56 laga. Musim ini, di bawah nahkoda Darvin Ham, LeBron dan Lakers akan berusaha memperbaiki prestasi mereka dengan skuad yang lebih sehat. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar