IBL

Ambisi Pelita Jaya Bakrie Jakarta untuk langsung lolos ke semifinal IBL 2022 harus tertunda. Bahkan keadaan bisa berbalik. RANS PIK Basketball memaksa Pelita Jaya untuk bermain di gim ketiga pada Selasa (16/8) mendatang.

Hal ini terjadi setelah RANS menyamakan kedudukan 1-1. Dalam gim kedua playoff IBL 2022 pada Minggu (14/8) itu, RANS membungkam Pelita Jaya dengan skor 65-58. Pada gim hari Sabtu (13/8) sebelumnya, Pelita Jaya menang 74-66.

RANS tampil dominan dari unggulan pertama tersebut dan memimpin pertandingan selama total 25 menit. Tim asuhan Christopher Daleo itu pada awal kuarter keempat setelah terjadi sembilan kali pergantian kedudukan dan lima kali skor imbang.

RANS melaju 10 poin beruntun dan meninggalkan Pelita Jaya dengan kedudukan 54-45. Setelah itu RANS tak terkejar lagi dan bisa memimpin dengan margin terjauh 10 poin. Mereka pun menang dengan nyaman.

“Hari ini kami melakukan peran kami dengan baik. Saya senang pemain bisa mendapatkan kesempatan untuk meraih kemenangan besar ini karena ini penting untuk tim kami untuk membentuk kultur kemenangan,” kata Daleo usai gim.

Statistik kedua tim tersebut juga mencolok. RANS unggul jauh dengan membuat 24 dari 70 tembakan. Dibandingkan dengan Pelita Jaya yang hanya bisa memasukkan 14 dari 64 tembakan. Dari segi rebound keduanya sama-sama mencetak 51 angka.

Akurasi Pelita Jaya kali ini memang buruk. Selain field goals yang hanya 21,9 persen, akurasi tripoin mereka hanya 14,3 persen. Dari 35 percobaan Pelita Jaya hanya bisa memasukkan lima tripoin saja.

“RANS memang pantas untuk menang karena mereka lebih baik. Dari (statistic) angka-angka ini memang mustahil kami bisa menang. Akurasi tembakan jarak jauh kami juga buruk sekali,” kata pelatih Pelita Jaya Fictor G. Roring.

Hal Heyward memimpin RANS dengan 17 poin dan tujuh rebound selama 23 menit. Disusul Nuke Tri Saputra dengan 14 poin. Akeem Scott menyumbang 13 poin dan delapan rebound. 

Sementara itu hanya satu pemain Pelita Jaya yang tidak menyumbang poin. Decardo Day 13 poin, enam rebound, dan dua blok. Andakara Prastawa 13 poin dan mencetak tiga dari delapan tripoin. M. Arighi Hadran Noor menambah delapan poin dan tiga steal. (rag)

Foto: IBL

Komentar