IBL

Selandia Baru menjadi tim terakhir yang lolos ke semifinal FIBA Asia Cup 2022. Mereka menghentikan perlawanan Korea Selatan (Korsel) dengan skor akhir 88-78 pada Kamis, 21 Juli di Istora Senayan, Jakarta.

Ini menjadi semifinal kedua beruntun bagi Selandia Baru. Sekaligus membalas kekalahan dari Korsel pada perebutan juara ketiga FIBA Asia Cup 2017 lalu. Pada edisi 2017 di Beirut, Lebanon itu menjadi pertama kalinya Selandia Baru masuk ke zona Asia.

Pada semifinal lusa, Selandia Baru akan berjumpa Australia. Sebelumnya Australia telah mengandaskan Jepang dengan skor 99-85.

“Performa tim yang bagus. Kami memulai dengan sedikit buruk di kuarter kedua. Tetapi kami bisa mengambil alih di paruh kedua,” ujar Flynn Cameron usai pertandingan.

Pada perempat final FIBA Asia Cup 2022 ini, kedua tim tampil nyaris seimbang. Terjadi 10 kali pergantian kedudukan dan delapan kali skor imbang. Tetapi Selandia Baru lebih unggul 18 rebound lebih banyak dari pada Korsel.

Korsel sempat memimpin enam poin pada kuarter ketiga. Tetapi pertahanan mereka juga melemah seiring keluarnya Lee Dae-sung. Buzzer beater Tohi Smith-Miner membuat kedudukan seimbang 60-60 di akhir kuarter ketiga.

Hal serupa juga terjadi di kuarter terakhir. Selandia Baru mengambil alih kedudukan lagi pada tujuh menit terakhir. Saat tertinggal enam poin, Korsel juga kehilangan Choi Junyoung. Membuat Selandia Baru membenamkan Korsel dengan jarak 10 poin.

Flynn Cameron menjadi top skor dengan 22 poin, sembilan rebound, dan dua steal. Takiula Fahrensohn menyumbang 16 poin dan tujuh rebound. Disusul Tohi Smith-Miner 14 poin.

Selandia Baru mencetak 28 poin dari percobaan kedua dan 23 poin dari para pemain cadangan. Mereka juga unggul dalam tripoin dengan mamasukkan 1 dari 45 percobaan. Total Selandia Baru meraih field goals 31 dari 88 tembakan.

Ra Guna mencetak dobel-dobel 19 poin dan 14 rebound. Kim Jongkyu 13 poin. Choi Junyong 11 poin, sembilan rebound, dan tujuh asis. Disusul Lee Daesung 11 poin. (rag)

Foto: FIBA

Komentar