IBL

Australia melaju ke final FIBA Asia Cup 2022 setelah mengalahkan Selandia Baru dengan skor 85-76, Sabtu 23 Juli 2022. Australia menguasai penuh gim ini dengan penampilan rapi mereka. 

Total hanya ada lima turnover yang mereka buat sepanjang gim berbanding 14 dari Selandia Baru. Selandia Baru sebenarnya sempat menipiskan keadaan menjadi dua poin di kuarter empat. Sayangnya, momentum itu gagal berlanjut setelah Australia membuat dua tripoin beruntun di dua penguasaan bola setelahnya. 

"Ini adalah gim yang sulit untuk kami," buka Michael Kelly, Kepala Pelatih Australia usai gim. "Kami memang terlihat unggul sepanjang gim, tapi Selandia Baru memberikan perlawanan luar biasa utamanya di kuarter empat."

"Tidak ada yang hal yang benar-benar berbahaya untuk kami. Saya senang dengan respon tidak panik dari para pemain di situasi terkejar tersebut. Kami coba bermain lebih sabar lagi dan akhirnya dua tripoin krusial itu membawa kami memenangkan gim ini," tutupnya. 

Thon Maker jadi top skor gim dengan 18 poin dan 9 rebound. William McDowell-White tampil efektif melalui 5/8 tembakan (4 tripoin) untuk total 15 poin dan 7 asis. 

Kapten, Mitchell McCarron juga solid dengan 13 poin dan 7 asis. William dan Mitchell sama-sama tak membuat turnover di gim ini. Tyrese Proctor menambahkan 13 poin, sementara Keanu Pinder melengkapi daftar dengan 11 poin plus 6 rebound. 

Dari Selandia Baru, Jordan Hunt dan Sam Timmins jadi top skor dengan 16 poin masing-masing. Flynn Cameron tetap solid dengan 15 poin, 7 rebound, dan 4 asis. Kruz Perrot-Hunt menutup daftar dengan 11 poin. 

"Tidak banyak yang bisa saya ucapkan. Kami tim muda, kami suka bagaimana kami memberikan perlawanan kepada Australia hari ini. Kami juga sangat bersemangat untuk menjadi lebih baik ke depannya," ujar Pero Cameron, Kepala Pelatih Selandia Baru.

Hasil ini juga membuat Australia belum terkalahkan sama sekali di gelaran FIBA Asia Cup yang mulai mereka ikuti pada 2017 lalu. Total 11 kemenangan dalam 11 gim. Final akan digelar esok hari. (DRMK)

Foto: Dika Kawengian 

Komentar