IBL

Australia kembali mengamankan kemenangan di gim kedua mereka di Grup A, Kamis 14 Juli 2022. Menghadapi Arab Saudi, Australia menang 76-52. 

Jika di gim sebelumnya Australia tampil cukup solid sejak awal, hari ini mereka memulai gim tidak cukup baik. Arab Saudi bahkan sempat unggul enam poin di awal kuarter dua. Setelah situasi ini baru Australia membalik momentum. 

Pertahanan yang lebih baik membuat Arab Saudi kerap melakukan kesalahan sendiri. Total di akhir gim ada 18 turnover yang mereka lakukan dan berhasil dikonversi menjadi 29 poin oleh Australia. 

"Kami tidak memulai gim dengan energi yang bagus. Oleh sebab itu, Arab Saudi bisa cukup membuat kami kesulitan," terang Michael Kelly, Kepala Pelatih Australian.

"Namun, saya suka respon para pemain setelah itu. Kami kembali fokus pada pertahanan dan itu adalah kunci kemenangan kami. Secara keseluruhan, ini masih jauh dari standar bermain kami untuk bertahan, tapi sudah ada peningkatan yang baik," imbuhnya. 

Thon Maker sekali lagi jadi top skor Australia dengan 16 poin dan 6 rebound selama 19 menit. Pemain Duke University, Tyrese Proctor, tajam dengan 15 poin selama 17 menit. Ia memasukkan 5/10 tembakan. 

Keanu Pinder yang absen di gim sebelumnya menambahkan 13 poin dan 6 rebound selama 13 menit. Samson Froling membukukan 10 poin dan 7 rebound, sementara Mitchell McCarron mencatatkan 10 poin plus 5 rebound. 

Fahad Belal adalah top skor untuk Arab Saudi dengan 16 poin. Khalid Abdel Gabar yang absen di gim sebelumnya memberikan kontribusi langsung dengan 14 poin, 5 rebound, plus 3 asis. 

"Pertandingan ini sudah lebih baik dari gim lawan Indonesia. Di gim itu, kami benar-benar kehilangan jati diri," tutur Mohamed Mounir, Kepala Pelatih Arab Saudi. "Pun begitu, ini adalah Australia, salah satu tim basket terbaik di Indonesia. Kami sudah bermain baik tapi level jelas berbeda. Ini pelajaran yang berharga untuk basket Arab Saudi," tutupnya. 

Australia kembali memuncaki klasemen sementara Grup A dengan dua kemenangan. Untuk Arab Saudi, ini jadi kekalahan kedua mereka dari dua gim usai kalah atas Indonesia di gim pembuka. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar