IBL

Jepang terus melaju kencang di Grup C, Jumat 15 Juli 2022. Usai menghancurkan Kazakhstan di gim sebelumnya, kali ini Jepang mengalahkan Suriah dengan skor akhir 117-56.

Ini adalah skor tertinggi dalam satu gim di gelaran kali ini. Jepang yang unggul sejak awal gim meninggalkan Suriah jauh di kuarter dua. Momentum ini dipimpin oleh Yutaroh Suda yang tampil panas dengan 33 poin selama 15 menit bermain. 

Suda yang baru bermain di kuarter dua memasukkan 7/8 tripoin (87 persen) di kuarter yang sama. Ia menutup gim dengan 9/12 tripoin (75 persen). Ini hanya berjarak satu tripoin untuk menyamai rekor tripoin terbanyak FIBA Asia Cup dalam satu gim. 

Keisei Tominaga juga melanjutkan performa apiknya dengan 23 poin dari 7/11 tripoin (64 persen). Jepang secara tim juga memecahkan rekor tripoin masuk terbanyak dalam satu gim FIBA Asia Cup dengan 27 /52 tripoin (51 persen ). Rekor sebelumnya adalah 25 tripoin.

"Gim yang tentunya sangat baik untuk kami. Suriah melakukan pertahanan zona (zone defense) yang membuat pemain kamu bisa lebih leluasa menembak. Begitu mereka menemukan sentuhannya, permainan berjalan begitu saja," tersng Tom Hovasse, Kepala Pelatih Jepang. 

"Pun demikian, ini belum performa terbaik yang berusaha kita capai. Kami bertahan dengan solid, itu cukup bagus. Kami juga mengalirkan bola dengan baik, tapi sekali lagi ini belum jadi titik tertinggi yang ingin kami capai," pungkasnya. 

Satu catatan hebat Jepang lainnya adalah pergerakan bola yang mengerikan. Jepang membuat 34 asis dari 36 tembakan masuk mereka. Artinya, hanya dua tembakan masuk yang tidak berasal dari umpan rekan lainnya. 

Jepang pun nyaris sempurna dari tembakan gratis. Dari 19 tembakan gratis yang mereka dapatkan, hanya satu yang meleset. Seluruh pemain Jepang tampil di gim hari ini dan tidak ada yang bermain lebih dari 24 menit.

Jepang akan menghadapi Iran di gim terakhir mereka lusa. Keduanya sama-sama sudah mengantongi dua kemenangan. Pemenang gim ini akan jadi pemuncak klasemen akhir Grup C. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar