IBL

Timnas putri Indonesia dan Jepang lolos ke perempat final FIBA 3x3 Asia Cup 2022. Kepastian ini didapat setelah Jepang mengalahkan tuan rumah Singapura 11-3 di gim terakhir Grup B. Dengan demikian, klasemen akhir dipuncaki Jepang, Indonesia di urutan kedua, dan Singapura ketiga. Di perempat final Indonesia akan menghadapi peringkat pertama Grup D Taiwan.

Indonesia melakoni dua laga hari ini, Jumat, 8 Juli. Keduanya adalah babak penyisihan Grup B. Pertama melawan Jepang, kemudian menghadapi Singapura.

Pada gim pertama, timnas putri kalah 17-15 lawan Jepang. Gim ini berlangsung cukup sengit. Indonesia unggul sejak awal gim, walau Jepang tidak pernah tertinggal jauh. Jepang mulai mengambil alih keunggulan di sisa empat menit laga (10-9). Sempat menyamakan kedudukan 10 sama, Indonesia kemudian tertinggal dan sulit untuk kembali unggul. Semua pemain Indonesia mencetak poin. Kimberley Pierre-Louis memasukkan 6 poin (FG 5/15), Dyah Lestari 5 poin, Adelaide Callista 3 poin, dan Agustin Gradita 1 poin.

Gim kedua menjadi gim penentuan untuk lolos ke perempat final. Indonesia menang atas Singapura 21-15. Kimberley Pierre-Louis mendominasi dan menjadi pusat serangan-serangan Indonesia. Kimberley melepaskan 21 dari total 29 tembakan Indonesia dan mencetak 16 poin. Adelaide Callista memasukkan 100 persen tembakannya (2/2) dan mencetak 2 angka. Dyah Lestari mencetak 2 poin, dan Agustin Gradita 1 poin. Kemenangan ini sebenarnya langsung mengunci tempat Indonesia di perempat final. Walau saat itu Jepang belum bertanding melawan Singapura. Pasalnya, jika Jepang menang atas Singapura, maka Indonesia ikut lolos. Singapura sendiri harus menang dengan selisih poin minimal 10 untuk bisa lolos. Bila itu terjadi, selain memastikan diri lolos, Singapura juga menyingkirkan Jepang. Sayangnya, Jepang terlalu tangguh untuk Singapura.

Perempat final antara Indonesia lawan Taiwan akan berlangsung tanggal 10 Juli.(*)

Foto: FIBA

Komentar