IBL

FIBA Asia Cup 2022 tinggal menghitung hari. Kejuaraan basket putra antarnegara Asia ini akan berlangsung di Istora GBK Jakarta tanggal 12 hingga 24 Juli. Hingga hari ini, 7 Juli, baru tiga negara peserta yang sudah menyetor daftar nama pemainnya. Mereka adalah Jepang, Korea, dan Lebanon.

Jepang

Jepang adalah salah satu negara yang sudah mantap dengan roster yang akan tampil di FIBA Asia Cup 2022 di Jakarta 12-24 Juli. Salah satu yang paling menarik adalah kehadiran Yuta Watanabe, pemain yang dua musim terakhir bersama Toronto Raptors. Yuta akan jadi andalan Jepang di dua sisi lapangan. Pada Olimpiade Tokyo lalu, Yuta rata-rata mencetak 17,7 poin per gim. Yuta juga tampil di FIBA World Cup 2019 dengan mencetak rata-rata 15,2 poin per gim. Berikut adalah roster Jepang di FIBA Asia Cup 2022:

Yuki Togashi
Luke Evans
Yuta Watanabe
Takuma Sato
Yutaroh Suda
Yudai Nishida
Yuki Kawamura
Keisei Tominaga
Kai Toews
Soichiro Inoue
Tenketsu Harimoto
Hirotaka Yoshii

Korea

Korea juga sudah mengeluarkan daftar pemain yang akan tampil di FIBA Asia Cup 2022 di Jakarta, 12-24 Juli nanti. Nama yang sudah cukup akrab bagi para penggemar basket Indonesia adalah Guna Ra. Bagi Korea, Guna Ra adalah mesin dobel-dobel. Pada FIBA World Cup 2019 Guna Ra rata-rata mencetak 23 poin dan 12,8 rebound per gim. Sebelumnya, pada babak kualifikasinya, Guna Ra rata-rata mencetak 26,7 poin dan 12,5 rebound per gim. Pada FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers lalu, bermain sebanyak empat kali, Guna Ra rata-rata mencetak 18 poin dan 9,8 rebound per gim. Berikut adalah roster Korea di FIBA Asia Cup 2022:

Junyong Choi
Hoon Heo
Ung Heo
Woosuk Lee
Hongseok Yang
Jongkyu Kim
Guna Ra
Daeheon Lee
Sangjae Kang
Jaeseok Jang
Daesung Lee
Kyochang Song

Lebanon

Lebanon punya pemain potensial pada diri Youssef Khayat. Karirnya di timnas Lebanon senior baru di FIBA World Cup 2023 Asian Qualifiers. Dalam enam laga Ronde Pertama, Khayat rata-rata mencetak 6,7 poin dan 2 rebound per gim. Beberapa waktu lalu, melalui akun media sosialnya, Khayat mengumumkan akan bergabung ke University of Michigan. Khayat (20 tahun) menghabiskan empat musim terakhir bermain di Prancis. Ia membela tim junior klub profesional Prancis bernama Limoges CSP Elite. Bergabung sejak usia 15 tahun, Khayat bermain untuk kelompok umur 18 dan terakhir 21 tahun. Bersama Limoges U-21, ia tampil 32 kali di musim 2021-2022 dan mencetak rataan 16,8 poin, 7,6 rebound, plus 1,8 asis per gim. Berikut adalah roster Lebanon di FIBA Asia Cup 2022:

Elie Chamoun
Karim Zeinoun
Sergio El Darwich
Ali Mansour
Ali Haidar
Karim Raphael Ezzedine
Wael Arakji
Jonathan Arledge
Yousef Khayat
Hayk Gyokchyan
Ali Mezher
Gerard Hadidian.(*)

Foto: FIBA

Komentar