IBL

Tim nasional (timnas) Indonesia mengalami kekalahan kelima di Kualifikasi FIBA World Cup 2023 (Asian Qualifiers). Pada pertemuan kedua melawan Arab Saudi di Istora Senayan, Jumat (1/7) itu, Indonesia kalah tipis 67-69. Hasil tersebut membuat Indonesia berada di posisi dasar klasemen grup C.

Meski kalah Indonesia menunjukkan perkembangan pesat. Pada pertemuan pertama 24 Februari lalu di Jeddah, Arab Saudi, tim Merah Putih takluk dengan skor 95-66. Pada pertemuan kedua kali ini, Indonesia bahkan bisa mendominasi hingga penghujung kuarter ketiga.

Pada paruh pertama Indonesia bahkan sempat memimpin dengan margin 13 poin. Derrick Michael Xzavierro dan Vincent Rivaldi Kosasih yang mendapat empat foul membuat laju Indonesia terhambat. Momentum Arab Saudi terjadi setelah buzzer beater Marzouq Almuwallad di kuarter ketiga. Membawa mereka unggul 48-49.

Pertarungan ketat terjadi di kuarter terakhir. Terjadi empat kali pergantian kedudukan dengan Arab Saudi memimpin tujuh poin saat waktu tersisa 1:35. Tripoin Yudha Saputera sempat membawa harapan bagi Indonesia untuk melaju ke perpanjangan waktu dengan kedudukan 66-68. Sayangnya Indonesia gagal memanfaatkan kesempatan melalui tembakan bebas terakhir.

“Secara keseluruhan penampilan pemain sudah bagus. Mereka benar-benar bisa berjuang di lapangan. Pastinya pertandingan ini sangat penting untuk kami agar tampil lebih percaya diri di FIBA Asia Cup 2022 mendatang,” kata pelatih Rajko Toroman usai pertandingan.

Vincent memimpin Indonesia dengan 15 poin dalam 26 menit. Brandon Jawato mencetak dobel-dobel 10 poin dan 14 rebound. Andakara Prastawa memberikan 12 poin dan empat steal. Derrick dan Yudha sama-sama memberikan sembilan poin.

Marzouq menjadi top skor 18 poin dan lima rebound. Matha Almarwani 16 poin dan sembilan rebound. Musab Tariq M. Kadi menambah 16 poin dan lima blok. Total Arab Saudi melepas 26 dari 74 tembakan. Mereka juga unggul delapan rebound dari Indonesia. (rag)

Foto: FIBA

Komentar