IBL

“Melihat Anda dan apa yang (selama ini) Anda perjuangkan, kami tak punya alasan (untuk tidak berjuang). Anda adalah inspirasi bagi kami untuk tetap berjuang, dan itulah mentalitas kami. Sesuatu yang menular (dari Anda). Jadi, (kami harus mengucapkan) terima kasih (kepada Anda).”

Kalimat tersebut dikatakan oleh Stephen Curry kepada Craig Sager saat ia dan Golden State Warriors meraih kemenangan ke-67 di musim 2015-2016. Craig Sager sebelumnya bertanya kepada Curry, apakah ia akan lebih santai di sisa musim mengingat pencapaian musim regulernya saat itu sudah sangat luar biasa. Dari jawaban Curry, kita tahu bahwa Warriors sama sekali jauh dari kata puas di musim itu. Mereka berniat mematahkan catatan rekor Chicago Bulls 1995-1996, 72 menang dan 10 kalah.

Warriors berhasil mematahkan rekor Chicago Bulls. Stephen Curry dan kawan-kawan membukukan catatan 73 menang dan hanya 9 kali kalah. Stephen Curry sendiri kembali menjadi pemain terbaik alias MVP. Dua tahun berturut-turut, 2015 dan 2016.

Pada tanggal 15 Desember 2016, Craig Sager meninggal dunia. Sejak tahun 2014, Sager didiagnosa dan harus berjuang melawan leukemia myeloid akut. Kutipan di atas adalah kali terakhir Stephen Curry berbincang-bincang dengan Craig Sager.

Momen tersebut rupanya sangat melekat bagi Curry. Pada gim keempat semifinal wilayah Barat di NBA Playoff 2022 melawan Memphis Grizzlies (9 Mei) lalu, Curry memberikan penghormatan kepada Craig Sager. Ia mengenakan Curry Flow 9 bercorak dasi dan selaras dengan warna baju yang dikenakan Sager. Seusai laga yang dimenangkan oleh Warriors tersebut (101-98, Curry 32 poin, 5 rebound, 8 asis), Curry menandatangani bagian depan sepatu tersebut. Sepatu Curry Flow 9 tersebut kemudian masuk ke situs pelelangan resmi NBA. Hasil lelang akan diberikan kepada SagerStrong Foundation. Hingga tulisan ini rilis (13/5), penawaran tertinggi sudah di angka lebih dari 10.000 dolar AS.

Perjalanan amal Curry Flow 9 di panggung besar juga terjadi pada gim NBA All Star 2022. Pada ajang sarat gengsi ini, Stephen Curry mengenakan Curry Flow 9 Sesame Street edisi Abby Cadabby.

Sebelum pertandingan All Star 2022 tersebut, Curry mengumumkan bahwa setiap satu poin yang ia hasilkan di gim All Star 2022 bernilai 1.000 dolar. Setiap tembakan tripoin yang masuk, Curry menambahkan lagi 3.000 dolar. Ujungnya, jika Curry berhasil menjadi pemain terbaik alias MVP, ia akan menambahkan lagi 10.000 dolar. Semuanya kemudian akan didonasikan ke Cleveland Metro School District untuk membantu program pengembangan basket mereka.

Curry Flow 9 Sesame Street “Abby Cadaby” gemilang! Selain berhasil membawa timnya menang 163-160, Stephen Curry mencetak sejarah dengan membukukan 50 poin atau hampir sepertiga dari total poin timnya. Rekor penting yang dicetak Curry juga adalah mencetak 6 tripoin pada satu kuarter, dan 8 tripoin pada satu babak, dan total 16 tripoin dalam satu gim NBA All Star. Catatan rekor curry dilengkapi dengan raihan penghargaan MVP NBA All Star 2022. Hari itu, Stephen Curry dan Sesame Street “Abby Cadaby” menyumbang 108.000 dolar untuk Cleveland Metro School District.

Perjalanan Stephen Curry dan Curry Flow 9 musim ini masih terus berlanjut. Golden State Warriors masih terus berupaya kembali merebut gelar juara NBA. Kita tidak akan tahu akan ada kejutan amal apa lagi yang akan terjadi di sisa musim 2021-2022 ini. (dan)

Komentar