IBL

Honda DBL Camp 2022 akan dimulai hari ini, Rabu 11 Mei. Sebagian peserta sudah datang kemarin dan seluruh 230+ pemain dan 50+ pelatih akan hadir di DBL Academy Pakuwon Mall Surabaya pada hari ini.

Di hari pertama, seluruh pemain akan menjalani pengukuran tubuh dan pemeriksaan kesehatan selayaknya yang dilakukan di NBA Draft Combine. Setelahnya, mereka dijadwalkan untuk melakukan beep test dan melakoni skill challenge untuk menguji kemampuan fundamental mereka.

Tidak banyak yang berubah di hari pertama penyelenggaraan Honda DBL Camp tahun ini dengan gelaran-gelaran sebelumnya secara konsep. Namun, secara personil, DBL Indonesia telah melakukan penambahan susunan.

Ya, di sisi kepelatihan yang hadir, Honda DBL Camp 2022 masih akan dipimpin oleh dua pelatih legendaris asal Australia, Andrew Vlahov dan Shane Froling. Satu tambahan yang cukup menarik adalah munculnya sosok Anthony Garbelotto yang kita kenal sebagai kepala pelatih NSH Mountain Gold Timika di IBL 2022.

Ini akan jadi kali pertama Anthony mengambil bagian di Honda DBL Camp. Namun, Anthony juga datang dengan segudang pengalaman melatihnya. Sebelum ke NSH, ia adalah pelatih Ibaraki Robots di B League Jepang. Ia juga sempat melatih tim nasional (timnas) Inggris Raya dan juga timnas Vietnam. NSH pun ia bawa finis di peringkat empat musim reguler dan akan berlaga di Playoff IBL Agustus nanti.

"Saya sangat bersemangat bisa hadir di sini," buka Anthony kepada kami. "Saya sudah banyak membaca dan melihat video mengenai apa yang DBL lakukan di basket Indonesia, utamanya untuk anak-anak SMA ini. Sebuah pekerjaan besar yang kalian lakukan selama ini dan semoga saya bisa ikut memberi sumbangsih di sini."

"Saya baru tiba dari Inggris Senin, 9 Mei siang. Saya tiba di Jakarta dan bertemu dengan tim NSH untuk makan malam. Paginya, saya langsung merapat ke Surabaya. Saya akui perjalanan dari Inggris cukup melelahkan, tapi bergabung dengan seluruh panitia di DBL dan membantu Andrew serta Shane akan jadi pengalaman yang menyenangkan," pungkasnya.

Selain Anthony, Honda DBL Camp juga akan menghadirkan empat alumnus DBL All Star yang sempat atau masih berkiprah di basket profesional Indonesia. Di bagian putri ada Regita Pramesti dan Jovita Elizabeth Simon. Keduanya adalah jebolan DBL All Star 2013 dan 2014. Keduanya juga sempat bermain di turnamen profesional basket putri Indonesia, Srikandi Cup.

Di bagian putra, ada nama Rivaldo Tandra Pangesthio dan Cassiopeia Manuputty atau yang akrab disapa Cio. Rivaldo adalah pensiunan IBL yang terakhir tampil musim lalu, membantu Satria Muda Pertamina Jakarta juara. Cio sendiri masih bermain di IBL. Musim ini ia menyeberang dari West Bandits Combiphar Solo ke Evos Thunder Bogor.

"Ini jadi pengalaman pertama saya terjun sebagai pelatih di Honda DBL Camp," buka Rivaldo. "Saya mohon bantuan dari semuanya dan semoga acara bisa berjalan lancara. Honda DBL Camp adalah perjalanan awal yang membawa saya bisa di titik sekarang. Ini akan menyenangkan!". (DRMK)

Foto: Alexander Anggriawan 

Komentar