IBL

Memasuki hari ketiga Honda DBL Camp 2022, aura kompetitif semakin terasa. Setiap peserta yang berlatih tampak sangat bersemangat untuk mengejar 24 tempat yang akan mengantarkan mereka berangkat ke Amerika Serikat.

Di hari ketiga, latihan mulai dipusatkan kepada cara bermain sebagai tim dengan cara scrimmage game. Baik para pemain yang terpilih 50 besar (selected) ataupun yang tidak terpilih (unselected), skema bermain yang diajarkan sama yakni transisi menyerang dengan pick n roll di area sayap.

Akan tetapi, proses pembelajaran tak berjalan mulus. Pelatih asal World Basketball Academy Australia, Shane Froling, berkali-kali menghentikan permainan agar para pemain lebih detail dalam mengalirkan bola hingga posisi bermain mereka.

"Fokus pada apa yang sudah diajarkan dua hari sebelumnya. Lantunan bola (dribble) kalian harus bagus, gunakan pick n roll dengan baik, baca pergerakan pemain bertahan lawan. Jangan terlalu banyak melantun bola, terus umpan bola tersebut," terang Shane kala memberikan instruksi.

Satu pola ini terus dipraktikkan sampai akhir hari. Para pemain pun lambat-laun mulai menemukan ritme dan maksud dari pola permainan ini dengan baik. Sebelum berakhir, pola bisa dibilang berjalan dengan lebih mengalir.

"Ini hari yang cukup melelahkan. Namun, saya sangat bersemangat karena apa yang diberikan oleh para pelatih adalah hal baru untuk saya," terang Likemo Victor Deo Putra Conrad, pemain asal SMAK BPK Penabur Cirebon. "Saya akan terus berjuang untuk menjadi bagian dari DBL All Star 2022."

Di sisi pelatih, Anthony kembali membuka hari dengan kelas dan praktik di lapangan. Jika sebelumnya cara bertahan, hari ini fokusnya adalah menyerang. Anthony menitikberatkan detail kepada para pelatih untuk diterapkan ke pemainnya kelak. 

Para pelatih juga dibekali kelas pencegahan dan penanganan cedera atau Sport Injury Class yang dipimpin oleh tim dari Phyisiopreneur. Terakhir, hari para pelatih ditutup dengan kelas Sport Science oleh mantan pelatih fisik CLS Knights Indonesia, RANS PIK Basketball, dan juga timnas putri SEA Games 2019, Derry Drew.  

Acara puncak hari ketiga adalah pengumuman pemain yang lolos ke 24 besar. Ini adalah seleksi tahap kedua untuk menuju DBL All Star 2022. Berikut daftar nama yang lolos ke 24 besar. (DRMK)

24 Besar Putra

24 Besar Putri

Foto: Dokumentasi DBL

 

Komentar