IBL

Hari kedua Honda DBL Camp 2022 berjalan dengan intensitas tinggi sejak awal sampai akhir. Dimulai pukul 07:30 WIB, para pemain langsung mendapatkan materi latihan yang berhubungan dengan cara menyerang.

Materi di hari kedua adalah cara menyerang 1 lawan 1 di berbagai area seperti sayap (wing), transisi, off dribble. Lalu 1 lawan 1 di area post baik low ataupun high, 2 lawan 2 dengan memainkan pick n roll, fitness section, hingga tembakan gratis. 

"Capek sih Mas, tapi cukup menyenangkan sekali materi yang diajarkan," terang Calsen Vierry, salah satu campers yang berasal dari Surabaya. "Materi pick n roll ini membuat kita lebih tajam dalam melihat situasi lawan dan memudahkan kita untuk menyerang."

Usai menjalani latihan 1 lawan 1 dan 2 lawan 2, di penghujung hari, para peserta diseleksi menjadi 50 saja. Ini adalah tahapan seleksi pertama dari total tiga pemotongan jumlah pemain. 

Di lain sisi, pemain yang tak lolos ke 50 besar masih memiliki peluang untuk kembali berkompetisi melalui wild card. Total ada delapan slot (4 putra, 4 putri) wild card yang bisa membuat pemain kembali bersaing menjadi Honda DBL All Star 2022.

Di sisi pelatih, kelas pun cukup padat. Hari dibuka dengan materi teknis kepelatihan bersama Anthony Garbelotto. Tak hanya di kelas, Anthony juga memberikan praktik sampai di lapangan mengenai detail-detail yang harus diperhatikan para pelatih.

"Para pelatih bisa mendapatkan materi ini di mana saja. Namun, hal saya tekankan adalah detail yang harus mereka perhatikan. Lalu, saya ingin juga mereka paham bahwa ada proses di latihan dan proses di pertandingan. Dua hal ini sangat berbeda dan mereka harus adaptif menyikapinya," tuturnya.

Setelah bersama Anthony, para pelatih juga mendapatkan kelas dari Harja Jaladri, salah satu wasit berlisensi FIBA di Indonesia. Materi yang ia berikan mengenai FIBA Rules supaya para pelatih lebih memahami hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di dalam gim.

Terakhir, hari para pelatih ditutup dengan kelas psikologi oleh Afif Kurniawan. Afif yang merupakan pakar Clincial Sport Psychology menekankan mengenai kemampuan para pelatih memberikan arahan kepada para pemain dari sisi psikologi. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan komunikasi baik saat latihan hingga pertandingan. 

Berikut daftar 50 campers putra dan putri yang lolos ke babak selanjutnya.

Top 50 putri

Top 50 putra

Foto: Dokumentasi DBL Indonesia

 

Komentar