IBL

Phoenix Mercury akan menjalani gim perdana WNBA 2022 melawan Las Vegas Aces, pada Jumat (6/5) waktu setempat atau Sabtu WIB, tanpa senter Brittney Griner. Dia masih ditahan otoritas Rusia karena membawa alat vaping yang mengandung minyak ganja pada Februari lalu.

Untuk memberi dukungan kepada Griner, WNBA akan memasang inisial nama Griner (BG) dan nomor punggungnya (42) di semua sisi lapangan selama musim berlangsung.

“Kami terus berupaya membawa Brittney pulang dan menghargai dukungan yang telah ditunjukkan komunitas kepada Brittney dan keluarganya selama masa sulit ini,” tulis WNBA dalam keterangan resminya.

Meski tidak bermain, Griner akan tetap mendapat gaji penuh. WNBA juga mengumumkan bahwa Mercury telah diberikan keringan daftar pemain dan batas gaji sehingga mereka membawa pemain pengganti Griner, sampai dia kembali ke lapangan lagi.

Dilansir melalui ESPN, pemerintah Amerika Serikat menyebut bahwa Griner ditahan secara tidak benar oleh Rusia. Saat ini kasus tersebut ditangani oleh Kantor Utusan Khusus Presiden AS untuk Urusan Penyanderaan (SPEHA).

“Departemen Luar Negeri telah menetapkan bahwa Federasi Rusia telah secara tidak sah menahan warga negara AS, Brittney Griner. Pemerintah AS akan terus melakukan upaya untuk memberikan dukungan yang sesuai untuk Nona Griner,” tulis keterangan resmi Departemen Luar Negeri AS pada Selasa (3/5)

Griner memang belum didakwa secara resmi. Alumni Baylor University itu dijadwalkan menjalani sidang di Rusia pada 19 Mei mendatang.

“Brittney telah ditahan selama 75 hari dan harapan kami adalah Gedung Putih melakukan apa pun yang diperlukan untuk membawanya pulang,” kata agen Griner, Lindsay Kagawa Colas. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar