IBL

Perselisihan point guard Brooklyn Nets, Kyrie Irving, dengan pendukung Boston Celtics berbuntut panjang. Ejekan tersebut dijawab Irving dengan mengacungkan jari tengah saat pertandingan di TD Arena, Boston (17/4). Satu hari kemudian aksi tersebut, Irving didenda NBA sebesar AS$ 50 ribu atau setara dengan Rp 719 juta.

Pada pertandingan itu Irving memang mendapat tekanan luar biasa dari suporter tuan rumah. Dia terus menerus diejek. Karena kesabarannya sudah habis, Irving mengacungkan jari tengah pada pertengahan kuarter ketiga.

Pada gim pertama playoff tersebut, Nets harus mengakui keunggulan Celtics 114-115. Usai pertandingan, Irving mengatakan bahwa ini merupakan salah satu sisi gelap dari persaingan di NBA.

Sebenarnya Irving sudah terbiasa dengan hal tersebut. “Ini adalah energi yang sama yang mereka miliki untuk saya. Dan saya memiliki energi yang sama untuk mereka,” ujarnya saat itu.

Sementara itu rekan Irving di Nets, Kevin Durant, memiliki pandangan lain terkait hubungan Irving dengan pendukung Celtics. Ya, sepanjang karirnya, Irving memang hanya membela tiga tim. Sebelum pindah ke Nets pada 2019 lalu, Irving berkarir di Cleveland Cavaliers (2011-2017) dan Celtics (2017-2019).

Durant menyebutkan bahwa ekspresi ejekan tersebut merupakan luapan rasa patah hati pendukung Celtics terhadap Irving. Sebelum pindah ke Nets, Irving memang sempat mengatakan bahwa dia akan menekan kontrak jangka panjang dengan Celtics.

“Mereka (pendukung Celtics) dulu mencintainya, bersorak untuknya, dan membeli merchandise, dan mendapat pengalaman berharga melihatnya bermain. Ketika hal itu hilang, mereka merasakan ada yang direnggut,” tutur Durant.

Durant sepenuhnya memahami apa yang dilakukan oleh Irving. Tetapi bukan berarti itu menunjukkan bahwa itu sisi buruk sang pemain. “Beberapa hari mungkin dia siap untuk itu, mungkin juga tidak. Tapi dia (Irving) mengerti apa yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini. Kami mengerti situasi ini,” jelasnya.

Nets dan Celtics akan kembali bertemu di gim kedua pada Rabu (20/4) atau Kamis WIB di TD Arena. Entah apa yang akan terjadi lagi antara Irving dan pendukung Celtics di laga tersebut nantinya. (rag)

Foto : Brian Babineau/NBAE via Getty Images

Komentar