IBL

Pemain muda Indonesia, Derrick Michael Xzavierro melalui Instagram pribadinya mengumumkan bahwa ia akan melanjutkan karier di Divisi 1 NCAA. Ia akan bergabung dengan Grand Canyon University yang tergabung di Western Athletic Conference (WAC). 

Di GCU, Derrick akan dilatih oleh Bryce Drew, mantan pilihan ke-16 NBA Draft 1998. Pada 2021, Drew memimpin GCU meraih gelar juara musim reguler WAC dan lolos ke turnamen nasional (March Madness). 

Derrick adalah pemain yang tumbuh di Indonesia pertama yang merapat ke tim Divisi 1 NCAA. Selepas lulus dari bangku SMA di SMA Ragunan Jakarta, Derrick mendapatkan beasiswa untuk masuk NBA Global Academy di Canberra, Australia. 

Bersama NBA Global Academy ini pula Derrick mendapatkan kesempatan untuk berlaga di level SMA Amerika Serikat. Di beberapa laga itu, ia mendapatkan pemantauan langsung dari para pencari bakat level kampus. 

Sebelumnya, pemain timnas Indonesia, Brandon Jawato, juga sempat mencicipi kompetisi yang sama. Namun, Jawato tidak lahir dan tumbuh di Indonesia. Jawato lahir di Santa Monica, California, Amerika Serikat.

Jawato kala itu membela almamater University of Hawaii. Jawato total bermain tiga musim. Di dua musim pertamanya, ia sempat satu tim dengan pemain naturalisasi Filipina, Christian Standhardinger.

Di level timnas, Derrick yang baru menginjak usia 19 tahun ini sudah memulai debutnya pada 2020 lalu. Ia masuk skuat dan tampil dua menit saat Indonesia melakoni gim kualifikasi Piala Asia melawan Korea.

Berdasarkan pernyataan manajer tim nasional putra Indonesia, Jeremy Immanuel Santoso di Mainbasket Podcast Episode 68, Derrick akan masuk skuat Indonesia untuk SEA Games dan FIBA Asia Cup. Derrick kini sedang dalam proses pulang ke Indonesia dan bergabung ke pemusatan latihan timnas.  (DRMK)

Foto: Instagram @derrickmichael_ / FIBA

 

Komentar