IBL

Komisaris NBA Adam Silver memastikan gelaran All-Star Games 2023 tetap akan berlangsung di Salt Lake City, Utah. Hal itu sekaligus menjawab spekulasi yang berkaitan tentang undang-undang kontroversial Utah, HB11, yang disahkan baru-baru ini. Gubernur negara bagian Utah, Spencer Cox, melarang atlet transgender atau transpuan untuk berpartisipasi dalam sekolah olahraga.

Dalam HB11 itu mencegah atlet transgender ikut kompetisi olahraga sekolah sesuai gender yang mereka identifikasi di wilayah negara bagian Utah. Tetapi pernyataan Silver itu bertolak belakang dengan sikap NBA pada hal serupa di tahun 2017.

Pada 2016 lalu, Negara Bagian North Carolina meloloskan HB2. Dalam HB2 itu, negara bagian Carolina melarang transgender menggunakan kamar mandi umum sesuai identitas gender mereka. NBA bereaksi dengan memindahkan NBA All-Star 2019 dari Charlotte ke New Orleans.

“Waktu telah berubah. Ada masalah yang berbeda terjadi di negara ini daripada tahun 2017. Saya pribadi tidak suka tren itu. Kami juga sadar sebagai liga bahwa kami mencari peluang untuk menyatukan orang daripada memecah belah mereka,” ujar Silver dilansir dari Sport Illustrated.

Silver menambahkan pihaknya terus berusaha untuk menciptakan lingkungan yang inklusif. “Kami harus menemukan cara untuk bekerja di lingkungan itu daripada mengambil posisi bahwa kami memiiliki kemampuan independen untuk mengubah pikiran para pemilih dari Utah,” jelasnya.

Saat HB11 disahkan, banyak pihak yang menentang undang-undang tersebut. Sikap itu juga diambil oleh Utah Jazz. Dalam pernyataan resminya, pemilik Utah Jazz Ryan Smith menilai bahwa undang-undang tersebut sebagai bentuk diskriminasi.

“Kami berkomitmen pada nilai-nlai inklusivitas, saling menghormati, dan permainan yang adil. Di luar bola basket, kami berharap solusi yang adil yang menunjukkan cinta dan kasih untuk semua pemuda kita,” ujar Smith.

Jika NBA tetap menggelar All-Star Games 2023 di Utah, maka ini akan menjadi momen pertama sejak 1993 silam. Saat itu dua bintang Jazz, Karl Malone dan John Stockon, berbagi penghargaan MVP All-Star. Wilayah Barat menang 135-132 melalui babak perpanjangan waktu. (rag)

Foto : Getty Images, Bleacher Reports

Komentar