IBL

Utah Jazz sudah berpindah tangan. Keluarga Miller yang memiliki lebih dari 50 persen saham tim sejak tahun 1985 akhirnya setuju untuk menjual saham mayoritas. Pembelinya adalah Ryan Smith, salah satu pendiri dan kepala eksekutif perusahaan perangkat lunak Qualtrics. Perusahaan Smith ternyata sudah menjadi rekanan Jazz beberapa musim terakhir.

Gail Miller, pemilik dan ketua Larry H. Miller Group of Companies (LHM Group) telah setuju untuk menjual sebagian besar kepemilikan saham dalam klub Utah Jazz kepada Ryan Smith. Miller dan keluarganya telah memiliki Jazz selama 35 tahun. Wanita yang kini berusia 77 tahun tersebut bersama almarhum suaminya, Larry Miller, membeli 50 persen saham Jazz pada Mei 1985. Lalu pada Rabu, 28 Oktober 2020, Gail Miller merelakan tim Jazz berpindah tangan. Penjualan tersebut mencakup saham mayoritas di Jazz, Vivint Smart Home Arena, Salt Lake City Stars dari NBA G League, dan manajemen tim bisbol liga minor Kelas AAA, Salt Lake Bees. Menurut laporan ESPN semua itu dibeli dengan harga AS$1,66 miliar.

"Ryan baru-baru ini mendekati perusahaan kami dan menanyakan tentang kemungkinan membeli Utah Jazz dan beberapa properti olahraga dan hiburan kami yang lain," kata Gail Miller, seperti dikutip dari SportsPro.

Ryan Smith ternyata sudah menjadi mitra Utah Jazz selama bertahun-tahun. Dia juga pemrakarsa kampanye "5 For The Fight". Setelah transaksi resmi dilakukan, Smith akan menjadi Gubernur Utah Jazz, dengan Steve Starks menjadi penasihat sekaligus kepala eksekutif untuk LHM Group. Smith juga berencana untuk mengakuisisi stasiun radio komersial The Zone Sports Network dari keluarga Miller.

"Keluarga saya dan saya memutuskan ini saat yang tepat untuk menyerahkan tanggung jawab dan kepengurusan yang berharga selama 35 tahun kepada Ryan. Dia berkomitmen untuk mempertahankan tim tetap di Utah," kata Miller, dalam sebuah pernyataan.

Ryan Smith adalah pengusaha berusia 42 tahun, yang sudah menjadi penggemar Jazz dan lama tinggal di Utah. Qualtrics menjadi sponsor jersei tim Jazz pada musim 2017-2018. Namun Smith tidak mau memasang logo perusahaan. Dia memilih memasang kampanye tentang penelitian kanker yang diberi nama "5 For The Fight".

Utah Jazz mengalami gejolak di musim 2019-2020 setelah Rudy Gobert dinyatakan positif tertular virus Covid-19, yang menjadi kasus pertama di NBA. Kemudian, bintang Jazz, Donovan Mitchell menuduh Gobert ceroboh karena menyebabkan virus tersebut menjangkit beberapa anggota tim, termasuk dirinya sendiri. Hubungan yang sempat panas itu akhirnya reda setelah mereka tampil di Playoff NBA 2020. Kini Utah Jazz akan membangun tim yang lebih baik di bawah kepemilikan Ryan Smith. (tor)

Foto: Deseret News

Komentar