IBL

NBA menjatuhi denda kepada pelatih Cleveland Cavaliers J. B. Bickerstaff sebesar AS$15 ribu atau setara dengan Rp215 juta. Denda tersebut merupakan hukuman karena Bickerstaff dianggap melakukan kritik pedas terhadap wasit saat laga melawan Philadelphia 76ers pada Minggu (3/4) lalu di Rocket Mortgage Filedhouse, Pennsylvania.

“Pelatih Cleveland Cavaliers J.B. Bickerstaff telah didenda AS$ 15 ribu karena kritik public terhadap wasit,” tulis NBA President Operations Legaue Byron Spruell dalam keterangan resminya.

Saat itu Cavaliers takluk 112-108 dari Sixers. Pertandingan tersebut merupakan momen krusial bagi kedua tim. Sebab, mereka sama-sama mengejar kemenangan untuk mengamankan tempat di play-off. Akhirnya Sixers mendapat slot tersebut. Cavaliers pun harus menempuh jalur play-in.

Usai pertandingan itu, Bickerstaff melemparkan kekecewaan kepada wasit. Dilansir dari ESPN, pelatih berusia 43 tahun itu menyebut bahwa wasit cenderung menguntungkan Sixers karena jajaran pemain bintangnya. Saat jumpa pers setelah pertandingan, Bickerstaff dibalut emosi.

“Pertandingan ini direnggut dari kami. Kami (harusnya) yang pantas memenangkannya,” ujar Bickerstaff. Komentar tersebut merujuk kepada jumlah pelanggaran yang Sixers lakukan 19 kali. Lebih kecil dari yang Cavaliers dapat yaitu 28 kali. Sixer mendapat 42 kesempatan tembakan gratis. 

Tidak berhenti sampai di situ, Bickerstaff juga menuduh pemain Sixers mengambil keuntungan dengan peraturan yang ada dan melakukan manipulasi dari hal itu.

“Mereka memang pemain-pemain hebat. Mereka tahu cara memanipulasi peraturan. Ini bukan tidak hormat ke mereka. Tetapi pertandingan harus konsisten bagi kedua tim hingga akhir,” lanjut Bickerstaff. (rag)

Foto : AP Photo, Bleacher Report

Komentar