IBL

 

West Bandits Combiphar Solo menjadi tim kelima yang memastikan tiket playoff IBL 2022. Hal itu tidak lepas dari kemenangan atas Satya Wacana Salatiga 83-63. Ini menjadi kemenangan keempatnya secara beruntun.

Sebelumnya ada empat tim yang sudah memastikan tiket playoff. Mereka adalah Pelita Jaya Bakrie Jakarta, Satria Muda Pertamina Jakarta, Prawira Bandung, dan NSH Mountain Gold Timika. Sementara masih ada tiga slot sisa yang diperebutkan oleh enam tim.

West Bandit unggul sejak awal. Pada paruh pertama mereka sangat produktif dengan mencetak total 49 poin. Pada paruh kedua, West Bandits yang sudah nyaman dengan margin lebih dari 20 poin. Untuk itu mereka cukup berani melakukan rotasi pemain dengan menurunkan beberapa pemain ruki.

Asisten pelatih West Bandits Farhan mengakui adanya rotasi memang ada risiko tersendiri. Tetapi mereka melakukan hal tersebut sehingga pemain inti bisa kembali bugar di sisa musim reguler ini.

“Defense kami cukup baik di paruh pertama. Kemudian di kuarter tiga dan empat memang masih kurang konsisten.  Beberapa momen tidak fokus tapi masih bisa membalas poin. Sehingga tidak terlalu jauh,” ujarnya usai pertandingan.

Sameen Swint tetap menjadi anadalan West Bandits. Tampil selama 32 menit, Swint menjadi top skor dengan raihan 26 poin dan empat asis. Dari bangku cadangan Rio Disi menyumbang 10 poin. Disusul Nickson Damara Gosal dengan sembilan poin.

Pada dua pertandingan sisa selanjutnya, West Bandits akan melawan DNA Bima Perkasa Jogja (29/3) dan Pacific Caesar Surabaya (30/3). Saat ini West Bandits menempati posisi kelima klasemen keseluruhan. Dari dua pertandingan sisa itu, mereka akan mencari peringkat untuk menentukan lawan di playoff.

Sementara itu ini menjadi kekalahan ke-15 bagi Satya Wacana. Joshua Davenport nyaris mencetak double-double dengan 21 poin dan sembilan rebound. Alexander Franklyn membukukan 17 poin dan empat asis. Sedangkan Randy Prasetya menyumbang 10 poin. (rag)

Foto : Hariyanto

Komentar