IBL

Pacific Caesar Surabaya berhasil naik ke posisi kedua klasemen sementara Divisi Merah. Mereka unggul tipis dari Satya Wacana Salatiga 57-55. Ini merupakan kemenangan kedua atas Satya Wacana dalam dua pertamuan tearkhir. Pada pertemuan pertama (5/3) lalu, Pacific unggul 74-67.

Kemenangan ini membuka harapan Pacific untuk lolos ke babak playoff. Tetapi pelatih Pacific Aries Herman tidak ingin berpikir terlalu jauh. Mereka masih menyisakan tujuh pertandingan lagi.

“Kami belum berpikir ke arah sana. Mungkin peluang memang ada. Tetapi saya tidak mau membebani para pemain. Biarkan mengalir dan menjalani per pertandingan saja,” kata Aries dalam sesi jumpa pers usai pertandingan.

Pacific unggul sejak awal. Satya Wacana baru agresif pada paruh kedua dengan mencetak total 34 poin. Tetapi Pacific mampu menjaga ritme pertandingan. Satya Wacana hanya bisa menipiskan margin dua poin saja pada kuarter keempat.

Perolehan poon Pacific cukup merata. Tyron Criswel nyaris mencetak double-double dengan 13 poin dan sembilan rebound.  Sedangkan Akeem Ellis tetap konsisten mencetak dua digit angka melalui 11 poin dan 14 rebound. Disusul Yonatan dengan sembilan poin.

Aries hanya menyayangkan banyaknya turnover yang mereka buat. Pacific membuat 17 turnover sepanjang pertandingan. Hanya satu angka lebih banyak dari Satya Wacana. Ini menjadi catatan tersendiri untuk persiapan melawan Satria Muda Pertamina Jakarta berikutnya.

“Mungkin karena capek jadi hilang fokus. Ini jadi poin evaluasi kami. Untuk lawan Satria Muda sebagai juara bertahan, saya tekankan untuk lebih banyak ambil reboun dan memperkuat di paint arena,” lanjut Aries.

Satya Wacana sendiri mengalami lima kekalahan beruntunnya dengan pola yang nyaris serupa. Yakni gagal mengambil momentum di akhir. Pelatih Jerry Lolowang tidak ingin melihat hal ini sebagai “penyakit” Satya Wacana.

“Kondisi ruang ganti tetap kondusif dan manajemen sangat mendukung. Bagi saya ini merupakan proses walapun hari ini keberuntungan belum berpihak kepada kami. Pertandingan selanjutnya bisa lebih baik,” ujarnya.

Ada enam pemain Satya Wacana yang menyumbang poin dengan akurasi mencapai 34 persen. Tyree Robinson mencetak 18 poin. Alexander Franklyn meraih double-double dengan 15 poin dan 10 rebound. Joshua Davenpor menambah delapan poin. (rag)

Foto : Hariyanto

Komentar