IBL

Dewa United Surabaya berhasil membalik keadaan (comeback) saat menghadapi Evos Thunder Bogor dan menang 64-62, Selasa, 15 Maret 2022. 

Sempat tertinggal 23 poin dan masih tertinggal 22 poin saat membuka kuarter empat, Dewa United bangkit dengan total mencetak 37 poin di kuarter akhir. Mereka juga membuat Evos Thunder hanya mencetak 13 poin dan melakukan 8 turnover di 10 menit terakhir gim. 

Trio Kaleb Ramot Gemilang, Xaverius Prawiro, dan David Seagers jadi kunci kebangkitan Dewa United. Ketiganya mengombinasikan 35 dari keseluruhan poin Dewa United di kuarter empat. 

Kaleb mencetak total 22 poin, 6 rebound, dan 6 asis. Kaleb mencetak 16 dari keseluruhan poinnya di kuarter empat. Xaverius membantu dengan 16 poin, 11 diantaranya di kuarter empat pula. 

Seagers mencetak 8 poin di kuarter empat dan 11 secara keseluruhan. Leonardo Effendy jadi satu-satunya pemain lain Dewa United yang mencetak angka di kuarter terakhir. 

"Bersyukur sekali kepada Tuhan hari ini kami diberi kemenangan ini," buka Andika Saputra, Kepala Pelatih Dewa United. "Di tiga kuater pertama, kami memang seolah kehilangan fokus, tak ada semangat dalam bermain."

"Di kuarter akhir, saya motivasi pemain karena ini akan jadi kemenangan penting untuk kita lebih dekat ke playoff. Respon mereka cukup baik dan sekali lagi, bersyukur sekali diberi kemenangan ini," imbuhnya.

"Komposisi akhir yang saya turunkan memang bertujuan untuk mempercepat tempo. Lucky Abdi harus mengganggu pembawa bola Evos Thunder, Leonardo fokus rebound dan menjaga pemain asing. Urusan poin saya percayakan ke tiga pemain veteran," tutupnya.

Karamoko Cisse jadi top skor untuk Evos Thunder dengan 14 poin dan 9 rebound. Sayangnya, tiga kegagalan tembakan gratis di kuarter empat cukup membuat momentum berada di Dewa United.

Jaywuan Hill membantu dengan 11 poin dan 8 rebound. Ruki, Muhammad Yassier Rahmat tampil efektif dengan 13 poin, hasil dari 5/6 tembakan selama 18 menit bermain. 

Hasil ini membuat Dewa United menyusul NSH dan Pelita Jaya sebagai tim dengan dua digit kemenangan. Rekor Dewa United kini (10-3). Evos Thunder memiliki rekor sebaliknya dari Dewa United (3-10). (DRMK)

Foto: Hariyanto 

Komentar