IBL

Xaverius Prawiro pimpin Dewa United Surabaya lolos ke playoff usai mengalahkan Amartha Hangtuah 78-75, Minggu 27 Maret 2022. Sebuah tripoin dan tambahan dua tembakan gratis Xaverius di sisa 18 detik gim jadi penentu kemenangan Dewa United.

Xaverius sendiri jadi top skor Dewa United dengan 14 poin dan 7 asis. David Seagers yang memulai gim dari bangku cadangan mencatatkan dobel-dobel 13 poin dan 11 rebound. Kaleb Ramot Gemilang membantu dengan 10 poin plus 7 rebound. 

Dari Hangtuah, top skor adalah Anton Waters dengan 23 poin dan 6 rebound. Fisyaiful Amir nyaris dobel-dobel melalui 14 poin dan 9 rebound, sedangkan Stevan Neno melengkapi daftar dengan 10 poin. 

Dewa United sebenarnya cukup mendominasi gim. Mereka selalu dalam posisi unggul selepas lima menit pertama gim. Namun, mereka mulai terkejar di kuarter empat.

Beberapa tembakan meleset dan balasan serangan cepat Hangtuah cukup membuat repot Dewa United. Hangtuah juga mengejar dengan 33 tembakan gratis yang mampu mereka masukkan 22 diantaranya.

"Gim yang bagus dan kemenangan yang penting untuk kami," terang Yohanes Kristian, Asisten Pelatih Dewa United. "Upaya utama kami memang mempersulit semaksimal mungkin pemain asing Hangtuah dan para penembak jarak jauh mereka."

"Untuk Anton Waters, tugas utama kami adalah menjauhkan ia dari low post dan mengarahkan ia melakukan lantunan bola ke arah kiri. Meski ia mencetak 23 poin, saya rasa kami cukup berhasil," imbuhnya.

"Sisa dua gim kami tak akan tampil santai. Kami masih mengincar posisi terbaik untuk ke playoff. Kami akan mengejar kemenangan di dua gim terakhir," tutupnya.

Hasil ini membuat rekor Dewa United (12-8). Dewa United masih punya dua gim lagi, menghadapi RANS PIK dan Pelita Jaya. 

Untuk Hangtuah, kekalahan ini membuat rekor mereka jadi (10-10). Hangtuah wajib memenangi dua gim sisa mereka jika ingin lebih mengamankan posisi playoff. Dua gim sisa Hangtuah berhadapan dengan Prawira dan NSH. 

"Fokus kami adalah Prawira dulu. Kami tak kalah jauh dari mereka di pertemuan pertama. Kami yakin kami bisa ambil kemenangan untuk gim selanjutnya," tutur Fisyaiful Amir. (DRMK)

Foto: Hariyanto 

Komentar