IBL

NSH Mountain Gold Timika bangkit dari kekalahan di gim sebelumnya dengan membekuk Amartha Hangtuah 68-59, Selasa, 8 Maret 2022. NSH tampil dominan dengan selalu dalam posisi unggul selepas tepis mula.

Keunggulan terbesar NSH adalah 21 poin. NSH sendiri hanya memainkan tujuh pemain di gim ini dengan Shavar Newkirk tampil penuh 40 menit. 

"Saya sejujurnya tak punya pakem tertentu dalam mengatur rotasi pemain di setiap gim," buka Anthony Garbelotto, Kepala Pelatih NSH. "Hari ini, kami unggul dua digit di kuarter dua, kemudian unggul 21 poin di kuarter tiga, jadi saya bilang ke asisten saya bahwa tampaknya kita akan bertahan dengan tujuh pemain ini saja."

"Saya taruh hormat tinggi kepada Hangtuah. Mereka, bisa saya lihat memiliki situasi dengan kami. Bukan tim yang memiliki budget cukup besar tapi berjuang untuk berprestasi di sini. Hari ini, kami cukup senang bisa mengamankan apalagi di gim sebelumnya kami kalah," pungkasnya.

Newkirk kembali jadi top skor tim dengan 20 poin, 9 rebound, 5 asis, dan 4 steal. Newkirk memasukkan 8/16 tembakan (50 persen). Hengki Infandi membantu dengan 11 poin, sedangkan Randika Aprilian solid dengan 9 poin, 8 rebound (6 offensive rebound), dan 3 blok. 

Dari Hangtuah, Anton Waters dobel-dobel 14 poin, 10 rebound, dan 5 asis. Fisyaiful Amir mengikuti dengan 11 poin dan 4 rebound. Dari bangku cadangan, Gunawan juga mencetak 11 poin plus 5 rebound. Laquavius Cotton melengkapi daftar dengan 9 poin dan 10 rebound. 

"NSH tampil sangat bertenaga hari ini, utamanya di kuarter dua dan tiga," cerita A.F. Rinaldo, Kepala Pelatih Hangtuah. "Mereka membangun keunggulan dengan mantap saat kami tak bisa menemukan ritme permainan kami sendiri. Kemenangan yang layak untuk NSH."

"Saya sebenarnya coba mengeksploitasi paint area mereka dengan Cotton dan Waters melakukan permainan pos (post play). Namun, mereka berhasil mengunci keduanya dan tembakan luar kami tidak cukup baik hari ini. Dari perimeter saja, kami tak punya kontribusi," tutup pelatih yang tahun lalu melatih NSH.

NSH memasukkan 19 tembakan di area dua poin dengan total point in the paint 36 poin. Artinya, hanya ada dua poin yang datang dari luar paint area.

Ini adalah kekalahan ketiga Hangtuah dalam lima gim. Sebaliknya untuk NSH, mereka baru kalah sekali dari jumlah gim yang sama. NSH tampil 10 kali dan menang delapan kali. Hangtuah sudah bermain 11 kali dan kalah empat kali. (DRMK)

Foto: Hariyanto 

Komentar