IBL

RANS PIK Basketball hentikan enam kemenangan beruntun NSH Mountain Gold Timika dengan skor 58-46, Senin, 7 Maret 2022. Sempat tertinggal delapan poin di kuarter pembuka, RANS PIK berhasil membalik situasi sebelum paruh pertama berakhir. 

RANS PIK bahkan menutup paruh pertama dengan keunggulan 17 poin. Keunggulan ini melebar menjadi 19 poin di awal kuarter tiga. Keunggulan ini pula yang membuat NSH kesulitan mengejar. 

Meski RANS PIK kemudian hanya berhasil mencetak 15 poin di paruh kedua, koleksi 20 poin NSH di kurun waktu yang sama tak cukup untuk membalik keadaan. Apalagi mayoritas poin mereka hanya datang dari seorang pemain saja, Shavar Newkirk.

"Kami sebenarnya sudah mencoba menghentikan Shavar sejak awal gim, namun seperti yang Anda lihat, ia pemain yang luar biasa," terang Abrizal Hasiholan, Asisten Pelatih RANS PIK. "Kami sudah pasang tiga pemain berbeda menghentikan Shavar, tapi ya masih lolos. Namun, kami bersyukur kami bisa menghentikan pemain-pemain yang lain untuk mencetak poin," tutupnya.

Akeem Scott sekali lagi jadi top skor RANS PIK kali ini dengan dobel-dobel 18 poin dan 11 rebound. Eko Agung Prabowo solid dengan 11 poin selama 13 menit bermain. Agung memasukkan 3/4 tripoin (75 persen). Keduanya memulai gim dari bangku cadangan.

"Saya berpikir saya adalah orang yang paling rajin berlatih, namun Agung ternyata lebih dari saya," cerita Akeem mengenai Agung. "Ia berlatih dengan sangat keras, ia juga memiliki akurasi yang baik. Ia membuat saya tenang melakukan penetrasi dan melihat dia ada di area sayap, ia pemain yang bagus."

Shavar Newkirk meneruskan dominasinya di liga. Hari ini ia mencetak 31 poin, 9 rebound, dan 3 steal selama 38 menit. Tidak ada satupun pemain NSH yang mencetak lebih dari lima poin. Dari 19 tembakan NSH yang masuk, 12 datang dari Shavar.

"Ini adalah kekalahan kami secara organisasi," buka Anthony Garbelotto, Kepala Pelatih NSH. "Saya lebih suka pemain-pemain saya membawa mental underdog ketimbang mereka merasa lebih bagus dari lawan. Namun, mereka mendapatkan banyak pujian di luar sana, dari keluarga dan mungkin teman-teman mereka. Ini membuat mereka terlena dan tak bermain dengan tenaga yang sama. Kami akan perbaiki hal itu untuk gim selanjutnya."

Untuk NSH, ini jadi kekalahan kedua musim ini. Sebaliknya untuk RANS PIK, ini jadi kemenangan keempat beruntun dan keenam sepanjang musim ini dari 10 gim. (DRMK)

Foto: Hariyanto 

Komentar