IBL

Memphis Grizzlies terus mengukuhkan diri sebagai salah satu tim tersolid di NBA 2021—2022. Menghadapi San Antonio Spurs, Minggu, 28 Februari 2022, waktu setempat, Grizzlies menang 118-105. Mereka hanya sempat tertinggal di menit-menit awal pertandingan. Sisanya, selalu dalam posisi unggul.

Sorotan tertuju kepada garda mereka yang sekaligus salah satu All Star 2022, Ja Morant. Selama 34 menit bermain, Ja mencetak 52 poin dan 7 rebound. Ia memasukkan 22/30 tembakan (73 persen), termasuk sempurna di tripoin (4/4).

Ini adalah catatan poin tertinggi Ja dalam satu gim sepanjang kariernya. Rekor terbaik Ja sebelumnya adalah 46 poin. Menariknya, catatan 46 poin itu terjadi baru dua hari lalu, kala Grizzlies berhadapan dengan Chicago Bulls.

Tak sekadar berarti untuk pribadi, torehan 52 poin ini juga menjadi sejarah untuk NBA. Dengan ini, seluruh tim NBA kini memiliki paling tidak satu pemain yang pernah mencetak 50 poin. Ja dan Grizzlies sebagai salah satu organisasi termuda di NBA adalah yang terakhir membukukan hal ini.

"Saya sungguh berterimakasih dan bersyukur atas rekan-rekan saya, pelatih, dan semua orang di organisasi ini," terang Ja usai gim. "Mereka selalu percaya kepada saya. Mereka memberikan saya kepercayaan diri untuk mengambil segala keputusan yang terbaik di lapangan," pungkasnya.

Memang peran pemain Grizzlies lain tak bisa disepelekan. Hari ini, barisan starter kecuali Ja hanya menorehkan 18 poin. Mereka seolah mempercayakan semua serangan kepada Ja. Tercatat hanya Desmond Bane yang melepaskan dua digit percobaan tembakan. Steven Adams, Jaren Jackson Jr., dan Ziaire Williams masing-masing hanya melepaskan tiga percobaan tembakan.

Ja sedang dalam periode tergila di kariernya. Di empat gim terakhir, secara rata-rata, ia memiliki statistik 41,0 poin, 6,0 rebound, dan 5,0 asis per gim. Ia memasukkan 44 persen tripoinnya dan secara keseluruhan akurasi tembakannya di angka 53 persen. 

Grizzlies ada di peringkat tiga klasemen sementara Wilayah Barat dengan rekor (43-20). Jumlah kemenangan yang sama dipunya oleh Golden State Warriors. Namun, Warriors baru kalah 18 kali atau memainkan dua gim lebih sedikit dari Grizzlies. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar