IBL

Sebuah kesepakatan mengejutkan muncul hari ini, Selasa, 8 Februari 2022, waktu setempat. ESPN melaporkan bahwa Indiana Pacers dan Sacramento Kings menemukan kata sepakat untuk melepas masing-masing tiga pemain mereka.

Pacers mengirimkan Domantas Sabonis, Jeremy Lamb, dan Justin Holiday. Kings membalas dengan melepaskan Tyrese Haliburton, Buddy Hield, dan Tristan Thompson. Pacers juga dikabarkan memberikan hak pilih ronde kedua NBA Draft 2027 untuk Kings.

Kejutan di kesepakatan ini adalah munculnya nama Haliburton. Dalam beberapa rumor yang mengaitkan Kings dalam situasi pertukaran pemain, Haliburton selalu dianggap sebagai pemain yang tidak akan dilepas Kings. Bahkan, beberapa sumber meyakini Kings akan memilih melepas De'Aaron Fox ketimbang Haliburton. 

Di musim keduanya di NBA dan Kings, Haliburton menunjukkan peningkatan. Ia mencetak rataan 14,3 poin, 3,9 rebound, dan 7,4 asis per gim. Meski disebut memainkan peran sebagai shooting guard, Haliburton adalah fasilitator utama Kings di musim ini. Haliburton pula yang menggeser Hield menjadi pemain cadangan.

Hield adalah satu-satunya nama dari Kings yang konsisten muncul di tiap isu pertukaran. Perannya di lapangan yang tak sebesar dulu dan situasi yang tak harmonis dengan manajemen membuatnya dikabarkan terus diupayakan masuk dalam segala skenario pertukaran pemain yang dihadapi Kings.

Untuk Kings, di atas kertas kesepakatan ini akan menambah kekuatan mereka. Sabonis adalah pemain kaliber All Star yang solid. Meski Pacers menjalani musim yang buruk, Sabonis tetap memimpin tim mereka hampir di seluruh aspek. Ini adalah pembaruan luar biasa dari seorang Thompson.

Peran Hield sebagai penembak jitu pun jelas bisa ditutupi oleh Lamb dan Holiday. Ketiganya memiliki gaya bermain yang kurang lebih sama. Mereka juga masih punya Fox sebagai pusat permainan Kings.

Di lain sisi, kedatangan Haliburton akan sangat mungkin membuat Pacers membuka peluang untuk menukar Malcolm Brogdon atau Chris Duarte. Sebelumnya, dua nama ini dikabarkan tidak akan masuk dalam semua skenario Pacers. Namun, hadirnya Haliburton akan membuat Pacers punya tiga pemain dengan karakteristik yang hampir serupa.

Kesepakatan ini jadi salah satu yang paling menarik di musim ini. Tidak banyak publik yang menduga kesepakatan ini terwujud dan masih sangat sulit pula diraba ke mana arah dari pertukaran ini untuk masing-masing tim yang sedang sama-sama dalam situasi sulit ini. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar