IBL

Satria Muda Pertamina Jakarta langsung mendominasi permainan ketika melakoni gim kedua IBL 2022 Seri Jakarta, bersua NSH Mountain Gold Timika. Arki Dikania Wisnu dan tim sukses mengalahkan NSH dengan skor telak 90-46. Satria Muda sempat mencetak keunggulan 44 poin. 

Tak perlu waktu lama bagi Satria Muda merelakan kekalahan pertama mereka dari Pelita Jaya, Sabtu kemarin. Itu terlihat dari dominasi yang diperlihatkan oleh Satria Muda sejak kuarter tepis mula. Tak ragu, mereka sukses mengemas sembilan poin tanpa balas, langsung ditorehkan tim besutan Youbel Sondakh untuk meninggalkan lawannya. Salah satu faktornya adalah memainkan Antoni Erga sebagai garda utama untuk tim inti, menggentikan Hadianus, yang sementara fokus dalam penyemuhan cedera. 

Catatan poin NSH sendiri baru tercipta, ketika beranjak di paruh kuarter pertama. Lima poin dari Shavar Newkrik, membuat keadaan berubah menjadi (5-9), NSH masih tertinggal. Satria Muda sendiri terlihat begitu haus kemenangan. Mereka lebih banyak mendulang poin, ketimbang lawannya. NSH hanya mampu menambah tujuh poin, sejak paruh kuarter pertama. Di lain sisi, Satria Muda menambahkan 15 poin, untuk mengunci kuarter pertama dengan skor 24-12.

Arki benar-benar tampil apik untuk timnya. Ia berkontribusi lebih. Itu terlihat dari catatan statistiknya. Malam ini, Arki mencetak 13 poin dan 4 asis. Selain Arki, ada dua pemain asing yang tampil cemerlang. Elijah Foster mencetak 19 poin dan 13 asis, sedangan William Tinsley mengoleksi 17 poin dan 11 asis. Dari kubu lawan, Shavar Newkrik menjadi pencetak poin terbanyak dengan raihan 25 poin, 7 rebound, dan 4 asis.

Pada dua kuarter terakhir, Satria Muda makin leluasa memainkan temponya. Bahkan, Sandy Ibarhim bisa bergelayut di ring, untuk mempertegas dominasi timnya, dengan margin 20 angka ketika Satria Muda unggul (53-33) dari NSH. Memasuki akhir kuarter, pertandingan makin berjalan timpang. NSH tertinggal setengah poin. Tembakan Kevin Yonas di penghujung kuarter empat, mengunci kemenangan Satria Muda atas NSH (90-46). Bahkan di kuarter keempat, Satria Muda membuat NSH hanya bisa mencetak tiga poin saja. 

Hasil positif ini disambut baik oleh Youbel Sondakh. "Fokus pemain bagus, saya apresiasi cara bermain mereka hari ini, rotasi pemain berjalan denhan baik. Tapi,  kami tidak cepat puas, kami akan terus tingkatkan demi bisa raih kemenangan terus," ucap pelatih Satria Muda itu.

Di lain hal, pelatih NSH, Anthony Garbelotto cukup kecewa dengan permainan timnya. Namun, ia masih yakin timnya bisa bangkit kembali. "Kami sayangkan, kami kalah hari ini, tapi kami akan terus tingkatkan untuk di gim selanjutnya," pungkasnya.

Satria Muda akan menjalani laga berikutnya melawan RANS PIK Basketball. Sementara, NSH akan berjumpa West Bandits Combiphar Solo, Rabu 19 Januari 2022. (hth)

Foto: Hariyanto

 

Komentar