IBL

Amartha Hangtuah Jakarta berhasil meraih kemenangan pertama di IBL 2022 seri Jakarta yang berlangsung pada Minggu, 16 Januari 2022. Pasukan Antonius Ferry Rinaldo itu sukses menundukkan Satya Wacana Salatiga. Sempat tertinggal lima poin di awal kuarter pertama, Amartha Hangtuah berhasil mengembalikan kedudukan hingga menang 75-68 atas Satya Wacana.

Dua pemain asing Hangtuah bermain apik. Terutama, Anton Waters yang jadi pahlawan kemenangan timnya atas Satya Wacana. Pemain berposisi senter itu turut menyumbang 24 poin dan 9 rebound. Dirinya begitu agresif di bawah ring lawan. Apalagi, ketika pertandingan beranjak ke kuarter keempat.

Pemain yang pernah membela Pacific Caesar Surabaya itu sukses membukukan 15 poin di kuarter pamungkas untuk menegaskan dominasi Hangtuah sepanjang empat kuarter. Begitupun dengan Laquavius Cotton. Forwarda bernomor punggung lima itu turut menyumbang 13 poin dan 6 rebound. Enam poin Cotton sendiri tercipta dari tiga dunk yang dilakukannya pada kuarter ketiga.

Satya Wacana sendiri bukan tanpa perlawanan. Mereka langsung mengambil inisiatif menyerang di awal laga. Henky Lakay dkk bisa unggul 7-2 atas lawannya. Namun, Hangtuah berhasil keluar dari tekanan. Sampai akhirnya tambahan lima poin, melalui tembakan tiga angka dari Stevan Wilfredo Neno dan dua poin dari Amaluddin Ragol membawa Hangtuah unggul pertama kalinya, sekaligus mengunci kemenangan di kuarter pertama dengan keunggulan 15-11.

Dari momentum tersebut, Hangtuah seolah tak memberi celah buat Satya Wacana. Performa gemilang forwarda Hangtuah, Fisyaiful Amir juga begitu berpengaruh untuk Hangtuah. Pemain berusia 26 tahun itu sukses menyumbangkan 15 poin serta 9 rebound untuk timnya.

Satya Wacana sendiri sempat menjaga asa di satu menit terakhir kuarter ketiga. Tembakan tripoin dari Fransiscus Bryan Prasetio memangkas ketertinggalan. Namun, Sevly Rondonuwu cepat membalas, untuk menjaga keunggulan (54-42) timnya atas Satya Wacana menjelang akhir kuarter ketiga. Makin tegang memasuki kuarter keempat, pemain Satya Wacana Henky Lakay sempat terlibat adu mulut dengan Anton Waters.

Hal itu memaksa Lakay terkena technical foul, sekaligus menerima pelanggaran kelima. Lakay pun harus ditarik keluar. Usaha Satya Wacana untuk mengembalikan keunggulan makin sulit dicapai. Hangtuah berhasil menjaga ritme pertandingan. Dua poin tambahan dari Fisyaiful Amir menegaskan kemenangan Hangtuah atas Satya Wacana dengan skor 75-68.

Jerry Lolowang, pelatih Satya Wacana mengakui rotasi pemain berpengaruh banyak di tim. “Kami bisa lebih baik lagi, adanya rotasi pemain jadi pengaruh. Tapi, para ruki bermain baik. Kami harus lebih siap, dengan rotasi jika tidak ada pemain asing,” tuturnya.

Di lain sisi, A.F. Rinaldo, pelatih Hangtuah menyebutkan kerjasama tim jadi kunci utama kemenangan. “Pemain bermain baik dalam menjaga margin kemenangan, di awal kami bermain ketat, tapi akhirnya kami bisa meninggalkan mereka. Kedepannya kami akan meminimalisir turnover dan optimalkan tembakan gratis,” pungkasnya.

Hasil ini membawa Amartha jadi tim keempat yang sukses meraih kemenangan dari divisi putih. Sebaliknya, Satya Wacana harus puas menerima poin satu. (hth)

Foto: Hariyanto

Komentar