IBL

Satria Muda Pertamina Jakarta pada Rabu malam, 17 November 2021, mengumumkan bergabungnya Antoni Erga. Garda utama muda berbakat yang dua musim terakhir berseragam Satya Wacana Saints Salatiga. Kedatangan Erga memperkuat barisan garda SM, namun sebaliknya, langkah ini malah membuat Satya Wacana makin misterius. 

Sebelum terjun ke profesional pada IBL 2020, Erga membela tim kampus Satya Wacana berlaga di Liga Mahasiswa. Kemudian dia naik kelas bersama beberapa rekannya yang sama-sama berasal dari Bangka Belitung, seperti Alexander Franklyn, Aldi Valentino, dan Febrianus Kiandio. Pada musim pertamanya, Erga menjadi salah satu kandidat ruki terbaik. Kemudian pada musim 2021, Erga menjadi pilar penting untuk tim asuhan Efri Meldi tersebut. Kini dia akan menjalani petualangan baru bersama Satria Muda. 

Kalau dari sisi SM, mereka jelas ingin memperkuat roster, khususnya setelah pemain posisi garda berkurang karena hengkangnya Christian Gunawan ke RANS PIK Basketball. Namun yang menjadi pertanyaan justru sebaliknya. Satya Wacana benar-benar membuat perubahan yang signifikan. 

Pertama, jelas dari sisi kepelatihan. Efri Meldi sekarang sudah resmi menjadi pelatih Tangerang Hawks. Sebagai penggantinya, Satya Wacana merekrut Jerry Lolowang. Mantan pemain Satya Wacana, yang baru saja menyelesaikan tugasnya sebagai pelatih Tim PON Provinsi Papua di Pekan Olahraga Nasional 2021. Meski dia pernah tercatat sebagai asisten pelatih Prawira Bandung di IBL, namun Jerry belum berpengalaman memimpin tim di liga kasta tertinggi. Musim depan bakal jadi pengalaman pertamanya melatih tim IBL. 

Kemudian dari sisi menajamen, Satya Wacana juga ditinggalkan sosok yang penting. Matius Zaki Iskandar yang sudah lama menjabat sebagai manajer tim, kini pindah ke Dewa United Basketball. Dari sini saja, Satya Wacana sudah terlihat berbeda. Karena dua sosok inilah yang sudah bertahun-tahun ada di tim tersebut. Kemudian dari sisi roster, beberapa pemain pamit dari tim tersebut. Mereka adalah Ardian Ariadi, Rian Sanjaya, Anjas Rusadi Putra, Raymond Putra Fajar, dan kini Antoni Erga juga ikut pamit. 

Namun Satya Wacana masih punya beberapa pemain kunci musim lalu, seperti Henry Lakay, David Nuban, dan Bryan Elang. (tor)

Foto: Hariyanto

Komentar