IBL

Hampir dua tahun lalu, saya duduk di depan ruang ganti pemain usai final Honda DBL 2019 DKI Jakarta Championship Series. Kala itu, saya duduk bersama Odelia Talitakum Christabel, MVP yang juga baru saja mengantarkan SMAN 28 meraih gelar juara kedua mereka secara beruntun.

Semalam, saya melihat lagi Abel (sapaan Odelia) di semifinal Honda DBL 2021 DKI Jakarta Series. Dalam pertandingan sengit, kali ini saya melihat Abel dan SMAN 28 takluk atas SMAN 70 Jakarta dengan skor 77-74. Skor tipis, pertandingan dengan intensitas tinggi.

(Baca juga: Odelia Talitakum Christabel, MVP dan Juara di Debut Honda DBL DKI Jakarta Series)

Meski kalah, Abel menunjukkan performa yang luar biasa, bahkan satu-satunya sejauh ini di gelaran Honda DBL. Selama 38 menit, Abel mencetak dobel-dobel monster 41 poin, 25 rebound, 4 asis, dan 3 steal. Hebatnya lagi, ia hanya membuat satu turnover sepanjang gim. Abel memasukkan 17/39 tembakan (43 persen) dan hanya 6 poin yang ia buat dari tembakan gratis (6/12).

Saya pribadi cukup takjub melihat perkembangan Abel. Meski masih terlihat santai saat bermain (sudah dijelaskan Abel di artikel sebelumnya), ia jelas berkembang dari dua tahun lalu. Dalam melantun bola (dribble) ia lebih baik, visi bermainnya juga tampak semakin dewasa, dan juga perannya sebagai pemimpin tim makin terlihat.

Memang, sejak perbincangan terakhir itu, ia telah mengikuti DBL Camp, membela timnas muda, dan mungkin ikut beberapa program latihan lain. Namun, tetap saja, apa yang ia tunjukkan di lapangan adalah sesuatu yang luar biasa.

Saya sendiri percaya bahwa tidak ada pemain yang pernah membukukan angka semonster itu. Untuk poin, jelas banyak yang mencetak lebih darinya. Tapi dengan kombinasi rebound, akurasi, dan turnover seapik itu, performa ini memang layak mendapatkan apresiasi tinggi.

Kini, waktu Abel di Honda DBL telah habis. Namun, saya berharap dan rasanya seluruh penikmat basket yang melihat performa Abel sejauh ini juga memiliki harapan yang sama. Kita ingin melihatnya terus bermain basket. Semoga pula, ada wadah yang tepat untuk talenta seperti Abel menunjukkan kemampuannya secara berkala, ya semoga. What a performance Abel! 

Foto: Dika Kawengian

Komentar