IBL

Phoenix Suns benar-benar berada di posisi sulit. Setelah berhasil melangkah ke final musim lalu, Suns kini dihadapkan dengan masalah administrasi yang lebih tepatnya adalah perpanjangan kontrak pemain kunci mereka.

Di jeda musim, Suns memang berhasil mengamankan Chris Paul. Devin Booker pun juga akan bertahan lama untuk tim ini dengan kesepakatan terakhirnya. Namun, Suns juga masih punya dua nama yang bisa mendapatkan perpanjangan kontrak sebelum musim dimulai. Mereka adalah Deandre Ayton dan Mikal Bridges.

Keduanya adalah pemain yang datang dari angkatan NBA Draft 2018. Keduanya bisa mendapatkan perpanjangan kontrak maksimal di angka AS$173 juta. Namun, jika mengikuti angka tersebut, Suns akan dihadapkan pada ruang gaji yang besar untuk musim-musim selanjutnya. Oleh sebab itu, kini mereka dalam dilema besar.

Dilema ini ditambah runyam seiring kedua pemain menyampaikan kekecewaannya atas status mereka. Jika Ayton sudah jujur pada minggu lalu, kini Mikal, tak sampai seminggu sebelum musim dimulai juga bicara mengenai situasinya.

"Saya sekarang hanya menanti setiap hari sembari terus berlatih dan bertanya kapan tawaran itu akan datang," buka Mikal kepada AZ Sports. "Hanya menunggu yang bisa saya lakukan sekarang. Saya sudah berusaha membuktikan kapasitas saya selama di sini, kini saya hanya menunggu. Saya suka di sini dan saya ingin bertahan. Batas akhir perpanjangan kontrak semakin dekat dan mari kita lihat apa yang terjadi."

Musim lalu Mikal tampil solid untuk Suns. Sepanjang musim reguler, ia mencetak 13,5 poin dengan akurasi tripoin di angka 42,5 persen. Di playoff, selama 22 gim, ia menyumbang 11,1 poin dengan akurasi tripoin 37 persen. Ia lebih fokus sebagai defender selama di playoff.

Kini bola panas ada di tangan Suns. Mereka punya skuat muda yang solid dan sekarang sudah memiliki pengalaman tampil di final NBA. Situasi Suns kurang lebih serupa dengan situasi Oklahoma City Thunder pada 2012. Thunder berujung pada menukar James Harden ke Houston Rockets dan menjadi pemain yang seperti kita kenal sekarang. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar