IBL

Tim putra Papua menutup keikutsertaan mereka di PON XX dengan mengalahkan Sulawesi Utara, 74-62, di Mimika Sports Complex, Rabu siang. Permainan Papua kali ini lebih bagus dari tiga laga sebelumnya, sehingga mereka pantas mendapatkan kemenangan hari ini.

Armando Fredik Yogiwar Kaize mencetak double-double dengan torehan 12 poin dan 11 rebound. Pemain yang pernah masuk Honda DBL All-Star 2019 tersebut berperan penting dalam membantu timnya di paint area. Keberadaan Armando membuat Papua unggul jumlah rebound dari Sulut (51-39). Sementara itu pendulang poin terbanyak Papua di laga ini adalah Melkias Moso Kaize yang mencatatkan 18 poin. Disusul Jansen Calvin Niwar (16 poin), dan Rezha Saputra Butar Butar (10 poin).

"Saya sangat bangga dengan perjuangan teman-teman sepanjang PON kali ini. Saya juga berterima kasih kepada pelatih yang sudah membantu kami menunjukkan bahwa Papua tidak mudah menyerah. Meski tiga kekalahan sebelumnya sangat berpengaruh bagi kami. Itu karena performa kami kurang bagus," kata Rezha Butar Butar, setelah pertandingan.

Foto bersama tim Papua setelah pertandingan terakhir mereka di PON XX. (Foto: Hariyanto)

Di sisi lain, Sulut tampil beda hari ini. Tidak seperti biasanya. Point di paint area turun, begitu juga dari fast break dan poin dari turnover. Karena sudah lolos, dan besok dijadwalkan bertanding di semifinal.

"Memang kami akui bahwa jadwal semifinal yang mepet berpengaruh bagi kami. Sementara hasil di pertandingan ini tidak akan mengubah posisi kami sebagai juara grup," ujar pelatih Sulut, Roland Lengkong, saat ditanya tentang kekalahan dan rotasi pemain. "Kami sudah siap untuk pertandingan selanjutnya. Kami juga mengakui bahwa Papua kali ini bermain lebih solid."

Dari tim Sulut, Andrew William Lensun dan Victory Jacob Emilio Lubbu masing-masing mencetak 13 poin. Fernando Manansang menambahkan 10 poin. Sulut sendiri masih menunggu lawan dari grup A. Karena masih mungkin terjadi persegeseran antara DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah. (tor)

Foto: Hariyanto

Komentar