IBL

Tim bola basket putra Jawa Timur lolos dari sergapan tuan rumah Papua, dan memetik kemenangan dengan skor 59-56, Jumat malam, di Mimika Sports Complex. Jatim unggul di kuarter ketiga berkat akurasi tripoin. Sementara di kuarter keempat, mereka harus berjibaku menahan gempuran Papua di paint area.

"Pastinya kami senang meskipun sebenarnya masih jauh dari apa yang kami inginkan. Tapi hasil ini sudah sesuai target," ungkap Kencana Wukir, pelatih Jatim. "Kami lebih baik setelah kekalahan di pertandingan pertama. Memang kemenangan hari ini tidak mudah. Lawan bagus, dan didukung publik sendiri. Saya benar-benar apresiasi kerja keras pemain."

Papua mengandalkan keunggulan fisiknya. Di kuarter pertama Papua unggul 17-14. Jatim terpaksa melakukan tujuh kali pelanggaran untuk menghentikan laju pemain Papua. Sementara Dio Tirta sebagai pendulang poin juga terpaksa dikeluarkan setelah melakukan dua kali pelanggaran. Dari tim Papua, Armando dan Melkias masing-masing mencetak empat poin di kuarter pertama.

Di kuarter kedua, Jatim masih bermain dengan pola yang sama. Mereka mencoba menembus pertahanan Papua, yang jelas-jelas dijaga pemain dengan badan lebih besar. Tapi Jatim berhasil keluar dari tekanan dengan mengandalkan Ikram Fadhil. Jatim berbalik unggul 28-27 saat kuarter kedua usai setelah Very Kurniawan mencetak poin sebelum buzzer.

Memasuki kuarter ketiga, Jatim akhirnya bisa memecah pertahanan Papua. Jatim menggunakan strategi tripoin untuk menjauh dari kejaran Papua. Jatim lebih produktif dengan keunggulan 21-10 di kuarter ketiga. Empat tripoin Jatim membuat mereka bisa unggul 12 poin (49-39) saat kuarter ketiga berakhir.

Papua kembali menggunakan keunggulan fisiknya di kuarter keempat. Kali ini mereka mendulang poin dengan drive cepat dan layup. Hasilnya Papua mendekat 51-54 di tiga menit terakhir. Jatim kembali dalam tekanan. Gor basket Mimika Sports Complex bergemuruh ketika George Saudale mencetak tripoin. Jarak poin semakin dekat setelah Reza Butar-butar menambahkan dua poin. Papua hanya berjarak tiga poin dari Jatim (56-59). Waktu tersisa 44 detik. Jatim beruntung karena akurasi tembakan jarak jauh Papua butuk. Mereka hanya memasukkan empat tripoin dari 19 percobaan selama pertandingan. Sehingga Jatim bisa mengamankan poin penuh di laga ini.

Dio Tirta Saputra mencetak 19 poin untuk Jatim. Dio memasukkan empat tripoin di waktu-waktu krusial, seperti di kuarter ketiga yang membuat momentum kebangkitan Jatim. Dari tim Papua, Maikel Andrea Cores Baliba mencetak 11 poin.

Jatim sejauh ini mengoleksi satu kemenangan dari dua laga. Mereka masih punya dua laga, melawan Bangka Belitung dan Bali. Sementara Papua sudah kalah dua pertandingan. (tor)

Foto: Hariyanto

Komentar