IBL

Tim basket putri Jawa Timur memastikan satu tiket ke semifinal setelah mengumpulkan dua kemenangan di babak penyisihan PON XX Papua. Kemenangan kedua Jatim didapatkan hari ini, Jumat, 1 Oktober 2021, dengan menundukkan Jawa Barat, 62-45, di Mimika Sports Complex.

Sejak tip-off kedua tim langsung terlibat jual-beli serangan. Namun karena akurasi Jatim kurang bagus, mereka tertinggal 8-15 di akhir kuarter pertama. Clarita dan Nur Indah Qur'ani masing-masing mencetak lima poin untuk Jabar. Kemudian di kuarter kedua Jabar sempat memimpin 11 poin (25-14). Kuarter kedua diakhiri dengan keunggulan Jabar dengan skor 25-17.

Jatim bangkit dikuarter ketiga. Lay-up Christine di sisa waktu satu menit membuat Jatim mendekat, 32-34. Jatim mampu menyamakan kedudukan (34-34) setelah Faizatus mencetak dua tembakan gratis. Kuarter ketiga berakhir dengan skor 36-36. Jatim lebih produktif dengan mencetak 19 poin di kuarter ketiga. Christine dan Faizzatus jadi pendulang poin utama bagi Jatim.

Kuarter keempat semakin menegangkan. Jabar kembali menurunkan pemain inti. Namun Dara Tahirah terkena foul-out, sehingga pertahanan Jabar melemah. Jatim unggul 40-36. Di bawah lima menit waktu tersisa, Jatim memimpin 47-41 setelah Faizzatus mencetak dua poin di paint area.

Jatim melaju 6-0 dalam waktu dua menit untuk mencetak keunggulan 53-41. Jatim semakin di atas angin di menit-menit terakhir. Tripoin Serly Kurniawati membawa Jatim memimpin 56-43. Jatim bisa mengakhiri pertandingan dengan kemenangan.

"Anak-anak kurang panas di menit-menit awal. Tapi kami bisa mengambil kuarter kedua dan ketiga," kata Lena, pelatih Jatim.

Dari sisi pemain, Christine Aldora Tjundawan merasa kalau permainan mereka kacau di babak pertama. "Kami bisa lebih baik di kuarter ketiga dan keempat. Itu semua terjadi setelah kami menemukan irama permainan lagi. Kami bermain layaknya tim Jawa Timur di babak kedua," tandas Christine usai pertandingan.

Christine menjadi tulang punggung Jatim di laga ini. Dia bermain 40 menit dengan kontribusi 26 poin, 11 rebound, 3 asis, 5 steal, dan 2 blok. Faizzatus Shoimah menambahkan 20 poin dan 9 rebound. Sebaliknya di tim Jabar tidak ada pemain yang mencetak poin digit ganda.

Jatim memimpin klasemen sementara Grup X dengan dua kali menang. Jatim akan berhadapan dengan Bali pada Rabu, 6 Oktober 2021. Mereka harus menang kalau ingin melaju ke semifinal sebagai juara grup. (tor)

Foto: Hariyanto

 

Komentar