IBL

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 untuk cabang olahraga bola basket dimulai Rabu pagi, 29 September, di GOR Basket Mimika Sports Complex. Sulawesi Utara memberikan kejutan dengan menumbangkan Bangka Belitung, 92-91, lewat babak tambahan waktu.

Meski diperkuat enam pemain IBL, Bangka Belitung tertinggal di babak pertama dengan skor 46-22. Mereka mampu mengejar di babak kedua. Sampai di lima menit kuarter keempat, Babel mendekat 66-68. Akhirnya kedudukan sama kuat 77-77 tercipta saat buzzer berbunyi.

Di babak tambahan waktu, Sulut lebih rajin mencetak poin. Mereka bisa menang dengan jarak satu poin saja (92-91). Fernando Fansco Manansang mencetak 28 poin untuk Sulut, disusul Brando Oktavianus Kosegeran dengan catatan 12 poin. Greans Chandra Bartes Tangkulung dan Kevin Pratama Ekaputa Tandayu masing-masing menambahkan 11 poin.

Dari kubu Bangka Belitung, Antoni Erga mencetak tripel dobel dengan toreha 24 poin, 12 rebound, dan 10 asis. Febrianus Gregory Khiandio menambahkan 23 poin, disusul Aldi Falentino (15 poin), dan Muhammad Yasier Rahmat (12 poin).

"Hari ini turnover kami terlalu tinggi (27 turnover). Pemain terburu-buru dalam menyerang, dan kurang tenang. Tapi di akhir kami agak hilang fokus dalam defense," kata Efri Meldi, kepala pelatih Bangka Belitung.

Selanjutnya, Sulawesi Utara akan berhadapan dengan Jawa Timur, Kamis, 30 September 2021. (tor)

Foto: Hariyanto

Komentar