IBL

Pemain Golden State Warriors Andrew Wiggins mengungkapkan bahwa dirinya gerah dengan pemberitaan di media mengenai pemain yang tidak melakukan vaksinasi covid-19, termasuk dirinya. Menurut Wiggins, itu masalah pribadinya, tidak perlu jadi bahan pembicaraan di media.

Dalam pertemuan dengan awak media Senin malam, waktu setempat, Wiggins mengatakan bahwa keputusannya untuk tidak mendapatkan vaksin covid-19 adalah persoalan pribadi. Namun belakangan jadi topik pembicaraan yang hangat. Bahkan ada kabar soal potensi pemotongan gaji dari tim. Akhirnya situasinya menjadi lebih serius dari yang awalnya hanya persoalan pribadi saja.

"Ini masalah saya," kata Wiggins. "Bukan ranah Anda."

Sikap Wiggins saat ini tentang vaksin covid-19 sudah bulat. Dia tidak mau vaksin. Sementara keputusan tersebut bertolak belakang dengan peraturan Departemen Kesehatan Masyarakat San Francisco, bahwa setiap orang berusia 12 tahun ke atas yang terlibat dalam aktifitas besar di dalam ruangan, wajib vaksin. Wiggins sendiri sudah mengajukan pengecualian agama untuk menghindari vaksin, tetapi permintaan itu ditolak oleh NBA.

Baca juga: Andrew Wiggins Tolak Vaksinasi, Terancam Tidak Bisa Tampil di Kandang Warriors

"Ini tidak nyaman," kata Wiggins. "Saya yakin dengan keyakinan saya dan apa yang saya anggap benar, apa yang menurut saya salah. Saya akan terus melakukan apa yang saya yakini benar."

Sikap Wiggins tersebut mendapatkan dukungan dari kapten sekaligus bintang utama Warriors, Stephen Curry. Pemain bernomor punggung 30 itu mengakui bahwa obrolan seputas kasus Wiggins jadi situasi sulit yang harus dihadapi timnya.

"Pada akhirnya, semua terserah dia (Wiggins)," kata Curry, dikutip dari ABC7 San Francisco. "Saya pikir itu bukan rahasia untuk saat itu. Kami jelas berharap dia memiliki semua informasi yang tepat dan akses ke sumber daya yang tepat untuk mengajukan semua pertanyaan yang dia miliki tentang membuat keputusan. Kami harap masalah ini segera berakhir."

Sementara itu, manajer Warriors Bob Myers tetap optimis bahwa Wiggins dan seluruh pemain dalam roster timnya akan bermain menghadapi Los Angeles Lakers di laga pembuka NBA musim ke-75.

"Saya yakin bisa menurunkan kekuatan penuh. Saya mengerti mengapa media terus bertanya. Tetapi kami akan mencari solusi untuk permasalahan ini," tutup Myers. (tor)

Foto: nba.com

Komentar