IBL

Salah satu pemain yang paling ditunggu aksinya untuk NBA musim 2021-2022 adalah Klay Thompson. Cedera yang membuatnya terakhir kali tampil pada Gim 6 Final NBA 2019 membuat banyak publik tak sabar melihatnya kembali. Selain itu, komposisi pemain Warriors yang semakin apik juga membuat publik menanti bagaimana racikan Steve Kerr demi membuat tim ini kembali bersaing di papan atas.

Melihat perjalanan penyembuhan cedera Klay, USA Today pun berbincang dengan beberapa pakar medis, utamanya di bidang performa atlet. Pertanyaan terbesar yang dibawa mereka adalah, “Apa yang bisa diharapkan dari kembalinya Klay ke lapangan? Apakah Klay akan bisa langsung kembali ke performanya? Atau harus butuh waktu lebih lama lagi?”

Pertanyaan ini tentunya tak bisa dijawab dengan kepastian oleh semua pihak. Akan tetapi, Dr. Jonathan Kaplan, pakar dari Hoag Orthopedic Institute, memberikan sedikit gambaran yang mungkin akan membuat para penggemar, utamanya penggemar Warriors bisa sedikit tersenyum.

“Saya pikir situasi akan lebih sulit untuk seorang pemain kembali ke performa terbaiknya jika ia mengalami cedera Achilles dulu lalu terkena ACL. Beruntungnya, Klay mengalami hal sebaliknya,” buka Kaplan. “Achilles adalah cedera yang butuh waktu lama untuk pulih, butuh banyak proses penyembuhan dan akan semakin sulit jika ditambah dengan cedera di lutut. Karena Klay lebih dulu cedar ACL dan Achilles terakhir, harusnya ia punya posisi yang lebih baik untuk beradaptasi dan menyembuhkan Achillesnya.”

“Saya akan optimis bahwa Klay bisa kembali dan bertarung di level tertinggi lagi,” imbuh Dr. Michael G. Ciccotti, pakar dari Rothman Orthopedic Institute yang juga konsultan kesehatan Philadelphia 76ers, Eagles, dan Phillies. “Namun, jika Anda meminta saya menjamin ia akan langsung menunjukkan performa serupa sebelum ia cedera, maka tidak ada yang bisa menjawabnya. Hanya waktu yang akan menjawab hal tersebut,” tegas Michael.

Setelah cedera di Final 2019, Klay dalam perjalanan tampil untuk musim 2020-2021. Sayangnya, di November 2020, saat sedang berlatih, ia justru mengalami cedera Achilles. Tidak banyak pemain yang bisa bangkit dari cedera Achilles, terlebih lagi datang dari cedera ACL. Namun, pejuang Achilles terakhir, Kevin Durant, berhasil menunjukkan performa yang tidak jauh berbeda. Video-video yang tersebar juga menunjukkan bahwa Klay tampak siap dan tetap tajam seperti sebelum ia cedera. Semoga itu yang akan benar terjadi di musim nanti. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar