IBL

Los Angeles Lakers tampaknya sangat menikmati predikat mereka sebagai tim yang mengumpulkan sederet pemain veteran. Laporan terakhir The Athletic menyebutkan Lakers baru saja membuka seleksi untuk Kenneth Faried. Seleksi ini dalam bentuk latihan bersama. Jika Faried dirasa cocok dengan Lakers, maka ia sangat mungkin mengisi satu dari dua slot kosong untuk musim reguler.

Keputusan mengambil Faried bisa dibilang mengejutkan. Meski mengumpulkan sederet veteran, status Faried yang sudah tak berlaga di NBA sejak 2019 lalu menjadi pembeda terbesar. Faried terakhir kali tampil di NBA pada gim 6 final Wilayah Barat antara Houston Rockets dan Golden State Warriors. Di sepanjang musim itu, ia juga sempat tampil untuk Brooklyn Nets. Faried total bermain 37 kali dengan catatan 10,4 poin dan 6,4 rebound per gim.

Bukan tanpa alasan mengapa Faried tak lagi di NBA setelahnya. Perkembangan era basket yang bisa dibilang tidak terlalu fisikal dan lebih taktikal berujung pada tembakan jarak jauh membuatnya tersisih. Sepanjang tujuh musim awal kariernya bersama Denver Nuggets, Faried masih cukup relevan di NBA. Ia berperan sebagai motor tim dalam melakukan pick n roll dan berebut rebound. Setelahnya, dengan hanya mengandalkan kemampuan fisik, menit bermainnya terus tergerus.

Pertanyaannya kini, apa yang dilihat Lakers dari sosok Faried? Apalagi mereka kini sudah punya dua senter dengan gaya bermain serupa, Dwight Howard dan DeAndre Jordan. Ditambah dengan Russell Westbrook, tim ini sudah punya tiga pemain dengan akurassi tripoin yang di bawah rata-rata liga. Menambah Faried akan membuat tim ini sama sekali tak punya kekuatan tripoin dari barisan bigman.

Di sisi lain, satu hal yang justru membuat kemungkinan Faried merapat ke Lakers semakin terbuka adalah fakta bahwa ia berada di bawah naungan agen yang sama dengan Carmelo Anthony. Keduanya diwakili oleh Bill Duffy. Koneksi ini bisa jadi menjadi kunci Faried untuk kembali menapakkan kakinya di lantai NBA. Lebih hebat lagi, ia akan bergabung dengan salah satu tim paling super yang pernah dibuat di NBA. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar