IBL

Jason Kidd sebagai kepala pelatih Dallas Mavericks, yakin Luka Doncic layak tampil di Final NBA. Masalahnya, pekerjaan yang harus dilakukan adalah membuat tim yang bisa bersaing di level tersebut.

Dalam pertemuan dengan awak media, Jumat, 27 Agustus, waktu Amerika Serikat, Kidd mengatakan banyak pekerjaan yaang harus dia lakukan selama persiapan musim ini. Mavericks sudah dua kali beruntun gagal di putaran pertama playoff NBA. Padahal mereka punya salah satu pemain elit di liga, yaitu Luka Doncic. Menurut Kidd, Luka layak tampil di Final NBA.

Sulit untuk membuat lompatan performa di NBA. Tapi salah satu metode yang layak dicoba adalah menambahkan pemain yang tepat agar bisa mendukung performa Doncic. Seperti yang dilakukan oleh Phoenix Suns musim lalu. Mereka mengambil Chris Paul untuk mendukung penampilan Devin Booker.

Tapi strategi tersebut tampaknya kurang menarik bagi Mavericks. Buktinya mereka tetap jadi tim yang pasif di pasar bursa transfer tahun ini. Tampaknya mereka masih percaya bahwa Kristaps Porzingis jadi tandem yang sempurna bagi Doncic. Hanya saja, sampai sekarang Porzingis belum menunjukkan dampak nyata di tim tersebut.

Selain masalah tandem untuk Luka Doncic, ternyata Jason Kidd juga dihadapkan pada problem lain. Kali ini terkait pertahanan tim. Sebenarnya Mavericks sudah mencoba memperbaiki area pertahanan dengan mendatangkan Josh Richardson. Tapi strategi tersebut tidak berhasil. Mavs musim lalu menyelesaikan perjalanan mereka dengan peringkat defensif hanya 112,3 (peringkat ke-21), dan semakin buruk di babak playoff dengan 119,7. Jelas tidak ada perubahan dalam hal pertahanan. Oleh karenanya, Mavericks melepas Richardson ke Boston Celtics.

"Hal terbesar yang menjadi masalah kami adalah pertahanan. Kami harus memperhatikan detail. Semuanya harus satu tujuan untuk memenangkan gelar juara," ungkap Jason Kidd dikutip dari Sports Illustrated.

Sebenarnya Mavs punya ruang besar untuk perbaikan. Begitu juga dengan ruang gaji mereka. Namun manajemen tampaknya masih percaya bahwa roster mereka sudah bagus. Hanya saja belum bisa maksimal. Jason Kidd diharapkan bisa membawa perubahan agar Mavs lebih baik di NBA musim ke-75 nanti. 

Jason Kidd menggantikan Rick Carlisle sebagai pelatih kepala Mavericks. Kemudian, Nico Harrison menggantikan Donnie Nelson sebagai manajer. Dirk Nowitzki dan JJ Barea kembali ke tim dengan peran baru di manajemen. Perubahan di sisi menajemen terlihat jelas, tetapi perubahan di lapangan tidak begitu terlihat.

Hari ini, Mavericks memperkenalkan Reggie Bullock, Sterling Brown dan Moses Brown kepada wartawan. Tiga pemain tersebut direkrut untuk memberikan dampak pada akurasi tembakan, rebound dan pertahanan. Mavericks juga memperpanjang kontrak Tim Hardaway Jr.. Jadi opsi serangan mereka bakal sama yaitu Luka Doncic, Kristaps Porzingis dan Hardaway. (tor)

 

Foto: Dallas Morning News

Komentar