IBL

Harus kita sadari bahwa kaki manusia dibuat oleh Tuhan dengan bentuk yang berbeda-beda. Ada yang lebar, pipih, mengerucut ke bagian depan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, menemukan sepatu yang benar-benar sesuai dengan kaki terbilang sulit. Ini yang dirasakan oleh kebanyakan pemilik telapak kaki lebar. Tenang, setiap masalah pasti ada solusinya.

Perlu dipahami bahwa ukuran sepatu kebanyakan menggunakan ukuran panjang. Terhitung dari ujung jari sampai ke tumit. Sebagian besar dari kita yang pernah beli secara daring pun memeriksa ukuran biasanya dengan melihat panjang sepatu. Memilih yang sesuai dengan panjang kaki kita. Itu adalah cara yang benar. Dan sudah semestinya begitu. Tapi, beda cerita bagi yang berkaki lebar. Panjangnya mungkin saja sama seperti yang lain. Tapi memilih sepatu bisa bikin pusing sendiri. Panjang sama tapi belum tentu pas di samping.

Pengukuran kaki menggunakan Brannock Device.

Maka, sangat disarankan menggunakan Brannock Device saat memilih sepatu di toko. Kebanyakan gerai resmi maupun penyalur memiliki alat tersebut. Fungsinya adalah mengukur panjang dan lebar kaki secara presisi. Hasil pengukuran kemudian menjadi acuan memilih sepatu yang tepat.

Panjang dan lebar kaki sejatinya sudah punya standar masing-masing. Yang paling lazim memang mengukur panjang dengan satuan sentimeter.

Akan tetapi, ada satuan yang diterapkan dalam mengukur lebar kaki menggunakan alat di atas. Ukurannya menggunakan satuan AA, A, B, C, D, E, EE, dan EEE. Daftar alphabet tersebut ditulis berdasarkan yang paling sempit sampai ke yang terlebar. Perbedaan ukuran memang tidak terlalu signifikan. Bedanya mungkin tak lebih dari satu sentimeter. Namun, kalau untuk sepatu olahraga, perbedaan panjang bisa berdampak panjang pada performa dan kenyamanan.

Sangat disarankan bagi yang berkaki lebar untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan petugas toko. Mempelajari terlebih dahulu lebar sepatu sehingga punya panduan lebih jelas. Setelah itu, barulah memilih sepatu yang tepat. Bagi yang membeli secara daring, pastikan untuk melihat table ukuran (measurement table) dengan benar.

Pembuatan sepatu lebar erat hubungannya dengan penggunaan cetakan (shoe last) saat proses produksi. Biasanya merek-merek Tiongkok dan lokal Indonesia memiliki ukuran lebih lebar dibandingkan sepatu-sepatu asal Amerika Serikat. Produsen sepatu negara di Asia mencoba mengikuti rata-rata bentuk kaki masyarakat. Berbeda dengan produk yang dipasarkan ke Negeri Paman Sam atau Eropa. Wilayah tersebut dihuni masyarakat dengan kaki yang cenderung meruncing.

Info lebih lengkap tentang pengukuran kaki dapat disimak di artikel lain kami berjudul Membongkar Perbedaan Ukuran Sepatu dari Merek Berbeda

Panduan sederhana dalam mempertimbangkan ukuran sepatu dari panjang dan lebar.

Foto: Balenciaga, The Shoe Blog

 

Komentar