IBL

Los Angeles Lakers sekarang punya roster yang mewah. Ada LeBron James, Anthony Davis, Russell Westbrook, kemudian dua pemain veteran yaitu Carmelo Anthony dan Trevor Ariza. Sebagai pemain berlabel bintang, tentu mereka punya ego yang besar dalam permainan. Oleh karenanya, Frank Vogel sebagai kepala pelatih mengatakan bahwa mereka harus siap berkorban.

Lakers musim lalu bermasalah dengan kebugaran pemain. LeBron dan Davis tidak bisa maksimal. Mereka akhirnya membuat perubahan yang signifikan di roster. Russell Westbrook diambil untuk meringankan beban LeBron. Sementara itu, setelah Kyle Kuzma, Kentavious Caldwell-Pope dan Montrezl Harrell pergi, Lakers mendatangkan pemain veteran seperti Melo dan Ariza.

Pertanyaannya, bagaimana bila semua pemain bintang tersebut ada di tim yang sama? Terutama Russell Westbrook, sebagai pemain yang dikenal dominan dalam permainan, dan berjuluk "Mr. Triple Double". Dia harus menemukan cara untuk beradaptasi dengan LeBron James, poros permainan Lakers.

Di sini, peran Frank Vogel sangat penting. Sebagai kepala pelatih Lakers, dia harus menemukan formula yang tepat. Akhirnya pada hari perkenalan Westbrook, Vogel membuka sedikit gambaran tentang strateginya musim depan.

"Saya pikir, ketika dalam sebuah tim memiliki tiga atau lebih pemain hebat dan berlabel bintang, maka mereka harus siap berkorban. Kami sudah membicarakan hal ini," ungkap Vogel kepada Matt Peralta dari Lakers Nation.

Dengan pernyataan tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa LeBron dituntut untuk menurunkan egonya untuk musim depan. Bila selama ini dia selalu menempati posisi yang penting dalam permainan, mungkin musim depan bakal berkurang. Tugas itu bisa digantikan oleh Westbrook.

Vogel juga menegaskan, fokus permainannya tetap di pertahanan. Karena tidak mudah membangun pertahanan dengan sederet pemain bintang.

"Ketiga pemain ini bisa melakukan semuanya. Itulah yang saya sukai di tim kami sekarang. Bron, AD, dan Russ adalah pemain yang selalu punya keputusan tepat dalam permainan. Saya kira, ini bukan soal mencetak poin atau menyerang saja. Jadi saya sudah tidak sabar melihat mereka bertiga bermain bersama.

Membentuk "Big 3" di dalam tim, belakangan kembali digemari klub NBA. Lakers mungkin punya tiga pemain yang mengesankan di atas kertas. Tapi untuk membuat semuanya berjalan lancar, butuh usaha keras dari pelatih. Frank Vogel akan jadi sorotan musim depan. (tor)

Foto: Pasadena Star-News

Komentar