IBL

PP Perbasi membentuk tim nasional yang akan diterjukan pada ajang FIBA 3x3 World Cup U-18 di Debrecen, Hungaria, 24-29 Agustus 2021 mendatang. Perbasi mengirimkan dua tim, yaitu putra dan putri.

Untuk roster timnas 3x3 U18 putri, ada Angelica Jennifer Candra, Vanissa Renata Siregar, Syarafina Ayasa Sjahril, dan Margareth Rachel Janna. Nama terakhir merupakan jebolan kompetisi DBL. Margareth terakhir tampil di DBL musim 2019. Ia membela sekolahnya SMA BPK Penabur Cirebon.

Sementara untuk tim putra ada Rafael Pasha, Aaron Nathanael, Franciscus Gerick Fernando, dan Mikail Jaydra Muhammad. Dua nama pertama juga "alumni DBL". Keduanya sempat terpilih dalam skuad DBL Indonesia All-Star 2019 dan sempat merasakan belajar basket di Amerika Serikat.

Sebagai pendamping kedua tim tersebut ada Taufik Saleh dan Syafiq Ali Mubarak. Mereka sudah menjalani pemusatan latihan sejak 8 Agustus 2021 di GMC Basketball Arena, Cirebon, Jawa Barat.

"Para pemain berlatih sampai 21 Agustus karena 22 Agustus sudah harus bertolak ke Hungaria. Merekalah yang akan mewakili Indonesia di FIBA 3x3 World Cup U-18 karena tidak ada promosi dan degradasi dalam training center ini," terang Njoo Lie Wen, Ketua Badan Tim Nasional Junior PP Perbasi.

Untuk penyelenggaraan tahun ini, pada pemain diharapkan mendapat pengalaman tampil di level dunia. Dengan begitu, ajang ini bisa menjadi evaluasi bagi timnas untuk mengukur kemampuan para pemain muda.

Sementara itu, pemilihan pemain dalam timnas ini kewenangannya ada di Badan Tim Nasional Junior PP Perbasi. Mereka dipercaya mewakili Indonesia karena sebelumnya sudah terpantau dan tersedia karena lolos kualifikasi dan terverifikasi oleh sistem FIBA 3x3. PP Perbasi memikirkan pembinaan jangka panjang. Sebab ada pemain timnas U-16 yang masuk dalam tim tersebut.

"Ini karena pemilihan pemain untuk timnas 3x3 berbeda dengan 5v5. Ada syarat minimum tahun pembuatan passport, syarat ranking di play.fiba3x3.com, dan lainnya," terang Taufik.

Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi mengatakan, federasi mendukung penuh perjuangan Timnas Bola Basket U-18 di FIBA 3x3 World Cup. Pada ajang ini, para pemain diharapkan memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkaya pengalaman bertanding. Menimba ilmu sebanyak-banyaknya untuk perkembangan bola basket Indonesia ke depannya. (tor)

Sumber berita dan foto: Rilis PP Perbasi

Komentar