IBL

PP Perbasi terus memperbanyak turnamen guna mengasah kemampuan para pebasket muda. Kali ini mereka menggandeng Supersports Sensation International (SSS International) menggelar turnamen 3x3. Turnamen tersebut akan berlangsung di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta Selatan, pada 19-23 Februari 2022. Pesertanya akan ada kategori U23 putra dan putri, serta pelajar tingkat SMA putra dan putri. 

Kompetisi yang bertajuk Livin' Mandiri Indonesia 3x3 Tournament 2022 bakal digelar di empat provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Agenda ini digelar serentak, sehingga memerlukan persiapan yang matang.

"Awalnya kami akan melakukan seleksi untuk wilayah kota,  sekaligus membuka empat kategori pertandingan, U-23 (klub) putra dan putri, serta High School (SMA) putra dan putri. Tahapan selanjutnya adalah final kota dan final profinsi," terang Direktur SSS Azwan Karim dalam konferensi pers di Jakarta Selatan, Kamis sore. 

Dipilihnya 3x3 karena olahraga ini butuh dorongan, khususnya untuk turnamen di skala nasional. Adanya turnamen tersebut bisa menjaring pemain-pemain 3x3 untuk ajang yang lebih tinggi. Karena 3x3 sekarang sudah resmi dilombakan di multieven internasional.

"Turnamen ini akan memberikan kontribusi penuh bagi 3x3 Indonesia, sekaligus menjadi wadah yang menjanjikan bagi kemajuan basket 3x3 di negeri ini," ucap Azwan.

Sementara itu, Ketum PP Perbasi Danny Kosasih menyambut baik kerjasama ini. "Kami sangat menyambut baik kegiatan ini. Karena kami membutuhkan pemain yang konsentrasi di 3x3, bukan campur dengan 5on5. Ke depan, PP Perbasi akan membentuk tim 3x3 junior sampai usia 23 tahun," terang Danny. 

Legenda basket Indonesia Romy Chandra apresiasi langkah PP Perbasi. "Nantinya yang juara bisa mewakili Indonesia di kejuaraan 3x3 internasional. Ini apresiasi luar biasa. Anak muda harus termotivasi dengan keberadaan kompetisiseperti ini," ujarnya. (tor)

Foto: Rilis PP Perbasi

 

Komentar