IBL

Luka Doncic tak berhenti mengukir sejarah. Setelah laju apik di Olimpiade, kini ia mengukir sejarah dengan menyepakati perpanjangan kontrak dengan Dallas Mavericks. Kontrak yang ia dapatkan merupakan yang pertama dalam sejarah NBA.

Ya, Luka mendapatkan kontrak supermaksimal AS$207 juta untuk lima tahun ke depan. Sepanjang sejarah NBA, tidak ada pemain yang baru menyelesaikan kontrak rukinya dan mendapatkan kontrak seperti ini. Kabar ini dikonfirmasi oleh ESPN.

Sebelumnya, pemain-pemain hanya mendapatkan perpanjangan kontrak maksimal saja yang rataan besarnya di angka AS$172 juta selama lima tahun. Dua di antaranya adalah Trae Young dan Shai Gilgeous-Alexander. Baik Trae dan SGA sebenarnya berpotensi mendapatkan kontrak AS$207 juta, tapi dengan syarat mereka terpilih sebagai All-NBA Team.

Luka sendiri tak perlu terpilih sebagai All-NBA Team, ia sudah pasti mendapatkan AS$207 juta. Hal ini disebabkan karena ia sudah terpilih sebagai All-NBA Team pada dua musim beruntun terakhir. Luka bahkan masuk jajaran enam besar untuk penghargaan Most Valuable Player.

"Hari ini adalah hari di mana mimpi saya menjadi kenyataan. Saya sangat bersemangat untuk melanjutkan karier saya sebagai bagian dari organisasi Mavericks," buka Luka dalam keterangan resminya. "Saya berkomitmen penuh kepada organisasi ini dan mengapresiasi fans yang mendukung kami. Bersama kontrak baru ini, saya dengan senang mengumumkan bahwa saya akan menambah upaya dan fokus saya dalam mengembangkan The Luka Doncic Foundation."

"Yayasan saya adalah yayasan non-profit internasional yang akan berusaha membantu masyarakat di tempat-tempat yang sangat berarti untuk saya seperti Slovenia dan Texas bagian utara. Saya juga sudah menjalin kerjasama dengan 2K Foundation untuk membangun dua lapangan di Slovenia. Kami juga memperbarui lapangan masa kecil saya supaya anak-anak di sini bisa mendapatkan tempat yang layak untuk bermain basket. Saya tidak sabar menatap masa depan baik di dalam ataupun di luar lapangan," pungkasnya.

Seluruh jajaran petinggi Mavericks kini sudah berada di Slovenia. Kedua belah pihak akan resmi menandatangani kontrak ini esok hari. Kini tugas besar menanti manajemen Mavericks untuk semakin membantu Luka dengan pemain-pemain pendukung yang tepat demi meraih setidaknya kemenangan seri playoff pertama mereka. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar